Beranda Lampung Komitmen Bupati Tingkatkan Swasembada Pangan, PUPR: Bangun Jaringan Irigasi.

Komitmen Bupati Tingkatkan Swasembada Pangan, PUPR: Bangun Jaringan Irigasi.

154
BERBAGI

Tulang Bawang Barat (Radar News) — Berdasar komitmen Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad.Sp. Upaya meningkatkan hasil produktivitas tanaman padi. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) gencar melakukan pembangunan Bendungan dan saluran Irigasi di sejumlah persawahan.

Hal tersebut dilakukan demi terwujudnya kesejahteraan swasembada pangan Masyarakat Tubaba, secara berkelanjutan untuk ekonomi sejahtera, maju dan berdaya saing.

Diungkapkan Kepala Dinas PUPR Iwan Mursalin, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perairan Rustam.MT menjelaskan. Pada tahun 2019 ini, PUPR Tubaba telah melakukan Pembangunan 4 titik Bendungan Jaringan Irigasi dan 3 titik perawatan jaringan irigasi.

“Pembangunan Jaringan Irigasi Way Pengacaran, dan Way Sampang di Tiyuh (Desa) Karta Sari, Kecamatan Tulangbawang Udik. Pembangunan Jaringan Irigasi Way Seluwang di Tiyuh Wonokerto Kecamatan Tulangbawang Tengah. Dan Pembangunan Jaringan Irigasi di Way Julau Tiyuh Terang Makmur, Kecamatan Gunung Terang.” Kata Rustam kepada Radarnews.id pada (25/12/2019).

Tidak hanya itu, lanjut dia. Selain melakukan sejumlah Pembangunan Jaringan Irigasi, PUPR juga melakukan perawatan Peningkatan jaringan irigasi di Way Tulung Balak Tiyuh penumangan, Tulangbawang Tengah. Peningkatan Jaringan Irigasi di Way Bujung Sari Marga Tiyuh Bujung Sari Marga Kecamatan Pagar Dewa. Dan Peningkatan pada Jaringan irigasi di Way Kendil Tiyuh Mulya sari Kecamatan Batu Putih.

“Dibangunnya sejumlah saluran Jaringan Irigasi di persawahan se-Tubaba ini, tiada lain. Dengan maksud mampu meningkatkan swasembada pangan masyarakat. Oleh karenanya, kami berharap kepada seluruh warga terkait mampu merawat pun menjaga fasilitas yang telah disediakan oleh Pemerintah Tubaba.” Harapnya.

Terpisah, lantunan syukur terucap dari warga masyarakat Tiyuh Wonokerto Tulangbawang Tengah. Menurutnya, dibangunnya bendungan jaringan irigasi tersebut, masa tanam dapat maksimal dilakukan hingga 3 kali dalam pertahun.

“Kami sangat bersyukur kepada Pemkab Tubaba yang telah membangun fasilitas ini, semoga mampu meningkatkan hasil swasembada pangan di Tubaba.” Imbuhnya.(ADV).