Beranda Nasional Presiden Jokowi, Pemerintah Pusat dan Daerah Bersenergi Menanggulangi Banjir.

Presiden Jokowi, Pemerintah Pusat dan Daerah Bersenergi Menanggulangi Banjir.

251
BERBAGI

Jakarta, (Radarnews.id) -Ungkapan Presiden Joko Widodo Hujan yang deras dan berlangsung lama di awal tahun telah menimbulkan banjir di Jakarta dan sejumlah wilayah di Tanah Air. Menghadapi situasi bencana seperti ini, yang perlu diutamakan adalah keselamatan warga.

Saya memerintahkan semua jajaran terkait, dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pemerintah provinsi, hingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas untuk bergerak bersama-sama menyelamatkan warga, dan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Kedua, fasilitas-fasilitas umum seperti beberapa ruas jalan, jalan tol, dan obyek vital yang terdampak banjir seperti Bandara Halim Perdanakusumah agar segera dinormalisasi.

Ketiga, pemerintah pusat dan pemerintah provinsi tetap bekerja sama dalam menanggulangi bencana banjir. Waduk Cimahi dan Ciawi di Jawa Barat yang sedang dibangun untuk menampung dan mengurangi debit air banjir yang mengalir ke ibu kota baru akan selesai tahun depan.

Dari Yogyakarta, saya mengimbau masyarakat untuk berhati-hati. Semoga bencana ini segera berlalu dan situasi kembali normal.(efrizal)