Beranda Jakarta Tim Pertolongan dan Penyelamat (SAR) Ditpolair KORPOLAIRUD, Evakuasi Korban Banjir di Cipinang

Tim Pertolongan dan Penyelamat (SAR) Ditpolair KORPOLAIRUD, Evakuasi Korban Banjir di Cipinang

205
BERBAGI

Jakarta (Radarnews.id) — Tim Pertolongan dan Penyelamatan (SAR) Subdit Patroli Perairan Ditpolair Korpolairud, dibawah pimpinan Kasubdit Patroli Perairan Kombes Pol. Yassin Kosasih, S.IK., M.Si. turun mengevakuasi korban banjir di Cipinang Indah, Duren Sawit Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020).

“Di Cipinang, Tim kita hari ini turun dengan 10 personel gabungan dengan sekitar 30 personel dari Ditpolairud Polda Metro Jaya”, ucap Kombes Yassin.

Terlihat mobil taktis dan beberapa unit perahu karet mondar mandir menghampiri rumah – rumah warga yang terendam tinggi hampir seatap, mereka dievakuasi ke tempat yang aman.

“Kita pastikan koordinasi dan kolaborasi penanganan bencana banjir di awal tahun ini dapat berjalan dengan baik”, kata Kombes Yassin.

Selain mengevakuasi warga yang terisolasi banjir, Alumni Akpol tahun 1991 ini pun turun langsung bersama Satgas bencana banjir untuk mendistribusikan bantuan makanan maupun kebutuhan lainnya kepada warga dengan menggunakan rubber boat.

“Kami all out membantu masyarakat. Hari ini personel kita bagi menjadi beberapa tim kecil dan kita kerahkan ke beberapa lokasi banjir. Ada yang bertugas mengevakuasi warga, mengamankan rumah dan harta benda serta dilengkapi peralatan untuk membersihkan material tanah lonsor atau pohon yang tumbang”, ujarnya.

Sementara Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H.,M.Hum. yang hadir di lokasi banjir mengatakan bahwa pihaknya berharap dengan upaya ini, sedikit banyak dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir sekaligus meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi.

“Kita pastikan petugas dari Ditpolair Korpolairud, Personel dari Polda Metro Jaya, dari jajaran TNI, Basarnas dan BPBD Jakarta siang ini dapat bekerja sama bahu membahu melakukan evakuasi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak bencana banjir. Selain itu, kesiapan peralatan dan petugas juga untuk membersihkan material yang menimpa rumah warga, mengamankan rumah serta harta benda yang ditinggalkan oleh penghuninya. Juga kemungkinan material yang menutup akses jalan”, jelasnya.

Hari pertama di tahun baru 2020 ini, sejak kemarin ibukota Jakarta diguyur hujan yang cukup deras. Sebagai dampaknya, maka luapan air sungai yang menuju ke Jakarta mengakibatkan banjir di beberapa titik/lokasi dengan ketinggian bervariasi. Proses penanganan bencana ini terutama penyelamatan/evakuasi warga tengah berlangsung oleh beberapa pihak, termasuk Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.(efrizal)