Beranda Aceh “Gawat, Penggunaan Dana Sosialisasi Bursa Inovasi Desa di Kec Darul Aman Diduga...

“Gawat, Penggunaan Dana Sosialisasi Bursa Inovasi Desa di Kec Darul Aman Diduga Terindikasi Korupsi

566
BERBAGI

Aceh timur (Radarnews.id) – Ketua Dewan Pinmpinan Cabang Laskar Anti Korupsi Indonesia (DPC-LAKI Aceh Timur,” saiful Anwar,Kepada RadarNews Saptu 04/01/2020. Mengatakan, petugas Pelaksanaan kegiatan pelatihan sosialisasi dana inovasi desa yang berbeda di Kecamatan Darul Aman Kabupaten Aceh Timur

Dalam pelaksanaan kegiatan dapat dinilai dari sisi tidak adanya keterbukaan informasi mungkinkan jangan-jangan ada yang fiktif karena petugas pelaksanaan yang telibat dalam kegiatan selama ini tidak memiliki bukti LPJ secara keseluruhan sehingga menuai keritikan terjadi dugaan indikasi korupsi terhadap penggunaan dana sosialisasi Bursa Inovasi Desa pada tahun anggaran 2018

Lebih Lanjut kata, Saiful.seorang aktivis Anti korupsi dari Dpc-Laki Aceh Timur, menjelaskan sebelumnya bahwa pihaknya telah pernah mengajukan permohonan ke instansi bagian keterbukaan informasi publik (KIP) Aceh dan juga kepada TPID di Kecamatan Darul Aman.

Menurutnya penting dipertanyakan bagaimana sistem penggunaan dana sosialisasi pelaksanaan kegiatan yang dianggap telah selesai, untuk membuktikan tepat sasaran atau tidak dapat dilihat salah satunya melalui Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Rincian pengguna dana Pelatihan sosialisasi dana inovasi desa tahun 2018 tersebut.

Namun Anehnya Dokumen Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang dapat di berikan cuma hanya 25 persen saja dari keseluruhan sementara sisa sekira 75 persen lagi di kemanakan? Ungkap Saiful Anwar Kepada RadarNews.

Saiful berharap kepada pihak instansi aparat penegak hukum di aceh timur seharus nya segera menelusuri kebenaran yang sesungguhnya terhadap pelaksanaan kegiatan sosialisasi Inovasi bursa desa yang berhubungan dengan uang negara dan kenapa TPID kecamatan yang melakukan kegiatan LPJ yang ada cuma hanya 25 saja,sisanya kemana?..

Dalam hal itu aparat penegak hukum betul-betul harus berperan aktif menindak lanjuti sampai selesai supaya masyarakat dapat mengetahui sejauh mana proses penanganan penyelidikan dilakukan oleh aparat penegak hukum,atas dugaan indikasi korupsi terhadap pengunaan anggaran pelatihan sosialisasi bursa inovasi desa yang dianggarkan oleh pemerintah pusat pada tahun anggaran 2018 silam.(M.Alimin).