Beranda Lampung Tengah Ciptakan Kampung Yang Aman dan Kondusif, Kakam Poncowati Minta Warga Giatkan Ronda...

Ciptakan Kampung Yang Aman dan Kondusif, Kakam Poncowati Minta Warga Giatkan Ronda Malam

127
BERBAGI

Lampung Tengah, (Radar News.id) – Kepala Kampung (Kakam) Poncowati, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah (Lamteng) Gunawan Pakpahan, mengajak warga kampung setempat untuk menggiatkan kembali ronda malam.

Hal itu dikatakannya, saat menyambangi pos ronda bersama Bhabinkamtibmas Kampung Poncowati Bripka Ida Ayu, Anggota DPRD Lamteng Lambok Nainggolan, Camat Terbanggibesar Fathul Arifin, beserta linmas Kampung Poncowati. Senin (6/1/2020) Malam.

Meski dalam keadaan hujan gerimis, patroli ronda yang dimulai pukul 23:00 WIB tetap berjalan. “Ya kita laksanakan patroli ronda untuk mengecek keaktifan warga dalam melaksanakan ronda malam,” ujar Gugun sapaan akrabnya.

Alhasil, terdapat beberapa pos ronda yang dilintasi dalam keadaan kosong. Meski demikian, tak menyurutkan niat untuk menyambangi pos ronda yang memang aktif dalam melaksanakan ronda.

“Kalau di kampung ini terbilang masih aktif dalam melaksanakan ronda dibanding dengan kampung lainnya. Karena disini kami masih menerapkan sistim jimpitan. Namun, bagi warga yang membandel tidak melaksanakan ronda kami akan berikan sanksi untuk gotongroyong membersihkan balai kampung dan sekitarnya,” tambahnya.

Sementara itu, Bripka Ida Ayu mengatakan, ronda merupakan salah satu cara untuk meminimalisir terjadinya tindak kriminalitas pada malam hari.

“Meski menjaga keamanan adalah tugas pihak kepolisian, tak akan berjalan efektif¬† tanpa dibantu dengan masyarakatnya. Saya harap masyarakat dapat bersinergi dengan pihak kepolisian untuk terciptanya kampung yg nyaman dan aman,” ajaknya.

Disisi lain, Camat Terbanggibesar Fathul Arifin bersama Anggota DPRD Lamteng Lambok Nainggolan, menambahkan, ronda bukan hanya soal menjaga keamanan.

“Ada hal yang paling utama dalam melaksanakan ronda. Yaitu menjaga hubungan tali silaturahmi terhadap warga sekitar. Selain kita bergotongroyong, ronda juga merupakan salah satu cara yang efektif. Saya bersama Pak Lambok sangat mengapresiasi ronda di Kampung Poncowati yang saat ini masih aktif, harapan saya kedepan kegiatan ini akan terus berjalan,” tandasnya. (ndo/nda)