Beranda Daerah Warga Antusias Mengikuti Musrenbangdes Desa Simbur Naik Tahun Anggaran 2021

Warga Antusias Mengikuti Musrenbangdes Desa Simbur Naik Tahun Anggaran 2021

152
BERBAGI

Tanjab Timur, (Radar News) -Bertempat di Aula Desa, Desa Simbur Naik Kecamatan Muara Sabak Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi, menyelenggarakan Musrenbangdes yang dihadiri oleh Kepala Desa, Perangkat Desa, Kasi. Pemberdayaan Kecamatan Muara Sabak Timur, staf Desa Simbur Naik BPD, Babinsa, Pendamping Desa, Perwakilan Lembaga Desa, Perwakilan Lembaga Kesehatan, Perwakilan Lembaga Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, pada Jum’at (10/01/2020), dimulai sejak pukul 09.00 WIB sampai selesai.

Pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2020 untuk Pelaksanaan dan Perencanaan Kegiatan Pembangunan Tahun 2021 ini dapat dilaksanakan dan mendapat respon yang cukup baik.

Kegiatan Musrenbangdes 2020 sendiri dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Desa Simbur Naik untuk membentuk rumusan program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. Kegiatan ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari Pra Musrenbangdes yang telah dilaksanakan yang ada di desa Simbur Naik.

Sambutan dari Kepala Desa Simbur Naik, Faisal Gaffar pada sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dalam Musrenbangdes kali ini.Kades juga memaparkan rencana program tahun 2020 serta mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif memberikan masukan demi kemajuan desa.

“Forum ini mari kita gunakan untuk saling bermusyawarah dan mendiskusikan program – program prioritas yang akan kita laksanakan ke depannya. Semua yang hadir pada hari ini silahkan memberikan usulan – usulan yang membangun untuk kemajuan desa Banyuanyar,” tegasnya.

Arsyad, Ketua BPD dalam sambutannya berharap sebagai warga masyarakat Desa Simbur Naik bisa berperan dan bertugas dalam pelaksanaan pembangunan yaitu merasa ikut memiliki, memelihara, menjaga dan mengawasi. Hal ini dalam pelaksanaannya sesuai dengan RKP juga RPJM ( Desa). Agar pembangunan yang sudah dilaksanakan ini sesuai dengan harapan dan bisa dirasakan oleh masyarakat secara umum.

Sementara itu, Penetapan Pelaksana Kegiatan Pembangunan 2020 yang menjadi dasar RKPDes Tahun 2020 serta Perencanaan Usulan Tahun 2021 dipaparkan dengan lugas oleh Kepala Desa Simbur Naik,Faisal Gaffar. Apa yang beliau sampaikan adalah merupakan rekapitulasi hasil usulan masyarakat dalam pelaksanaan Musyawarah Dusun yang telah dipilah – pilah sesuai dengan kewenangan, baik yang masuk menjadi kewenangan Desa dan akan dibiayai dari APBDes maupun yang akan dibawa kedalam Musrenbang Kecamatan karena usulan yang dimaksud masuk dalam kewenangan pemerintah diatasnya.

Camat Muara Sabak Timur dalam Kesempatan tersebut di wakili oleh kasih Pemberdayaan (Makmur) ketika memberikan sambutan pada acara Musrenbangdes di Aula Desa Simbur Naik menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk bisa berperan aktif dalam pelaksanaan pembangunan desa. “Sebagai warga masyarakat desa, Bapak/Ibu sekalian harus aktif mengusulkan dan memantau pelaksanaan pembangunan di desa agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat,” ucapnya.

Dengan selesainya Musrenbangdes 2020 untuk penyusunan RKPD tahun 2021, tahapan selanjutnya adalah membawa usulan – usulan tersebut dalam Musrenbangcam. Secara singkat, Kegiatan Musrenbangdes tahun 2020 ini dapat diikuti oleh peserta dengan sangat antusias, terbukti semua peserta mengikuti acara sampai selesai.(Sat)