Beranda Daerah Asah Kemampuan Siswa TPQ/TPSQ, IKPM Gelar Didikan Subuh Gabungan

Asah Kemampuan Siswa TPQ/TPSQ, IKPM Gelar Didikan Subuh Gabungan

155
BERBAGI

SIJUNJUNG, (Radar News) -Dalam rangka mempererat silaturahmi serta membina mental peserta didik, siswa-siswi TPQ/TPSQ se-kenagarian Batu Manjulua, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung menggelar kegiatan didikan subuh gabungan. Kegiatan yang merupakan agenda bulanan tersebut diadakan oleh Ikatan Pelajar Mahasiswa Batu Manjulua (IKPM).

Setidaknya puluhan siswa dari lima TPQ/TPSQ yang tergabung mengikuti sejumlah rangkaian kegiatan pada acara didikan subuh gabungan yang diselenggarakan pada Minggu (19/1).

Pembina IKPM, Aprizal, S.Hum. mengatakan, kegiatan didikan subuh gabungan merupakan agenda bulanan bagi setiap TPQ/TPSQ di Nagari Batu Manjulua. “Jadi organisasi IKPM ini terdiri dari para pelajar dan mahasiswa yang berasal dari Nagari Batu Manjulua, dan salah satu agenda bulanan kegiatan organisasi ini menyelenggarakan didikan subuh gabungan, dengan memberdayakan siswa/siswi TPQ dan TPSQ,” tutur Aprizal.

Kegiatan itupun mendapat respon yang positif bagi tokoh masyarakat, sehingga pada pelaksanaan kegiatan turut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sijunjung, Syofian Hendri, Wali Nagari, KUA Kecamatan Kupitan, Ketua BPN, penyuluh agama, babinsa dan anggota Bhabinkamtibmas.

Meskipun dilaksanakan pada waktu subuh atau dini hari, namun antusias dan semangat para siswa cukup tinggi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Sedangkan TPQ dan TPSQ yang tergabung diantaranya Nurul Hidayah, Nurul Yakin, Babussalam, Al Mukmin dan Nurul Iman.

“Melalui kegiatan seperti ini agar silaturahmi antar sesama bisa tetap terjalin, terutama sesama masyarakat di nagari. Kemudian ini juga merupakan sebuah wadah untuk mengasah kemampuan dan membina mental para siswa agar mampu tampil didepan umum,” jelas Aprizal.

Selain itu, pihaknya juga mengatakan bahwa pada acara tersebut para siswa akan menampilkan kemampuan serta pengetahuan yang telah didapatkan selama belajar di TPQ dan TPSQ. “Disinilah mereka dilatih. Apa yang mereka pelajari dikembangkan disini, sehingga mental mereka bisa terlatih untuk mengikuti kegiatan maupun perlombaan pada lingkup yang lebih besar nanti,” tambahnya. (the)