Beranda Daerah Penerapan dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019, Kampung Tri Mulya Jaya Sudah...

Penerapan dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019, Kampung Tri Mulya Jaya Sudah Tepat Sasaran

141
BERBAGI

Tulang Bawang, (Radar news) -Dana Desa (DD) adalah Dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang di peruntukan bagi desa yang di transfer melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota dan di gunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

Perencanaan pembangunan desa adalah proses tahapan kegiatan yang di selenggarakan oleh pemerintah desa yang melibatkan badan permusyawaratan desa dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber dana desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa yang tepat sasaran.

Inilah yang dilakukan di Desa/Kampung Tri Mulya Jaya kec.Banjar agung kab.Tulang Bawang,Ujang Wahyu Utomo SE.selaku kepala Kampung dan aparatur kampung lainnya selalu melaksanakan kegiatan pembangunan desa sesuai dengan usulan masyarakat melalui perencanaan dengan melibatkan masyarakat (Tokoh masyarakat,tokoh agama,tokoh pemuda,tokoh adat), aparatur desa, dan Badan Permusyawaratan kampung (BPK).
Dengan musyawarah tersebut agar dapat menempatkan dan menetapkan kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Di tahun 2019 kampung Tri Mulya Jaya membangun berbagai macam jenis pembangunan seperti: Gorong-gorong, Sumur bor,Talud, Badan jalan,gapura desa dan lain sebagainya.
Dalam pemberdayaannya yg meliputi berbagai macam bidang, seperti bidang pendidikan,bidang agama,bidang kemasyarakatan,bidan kepemudaan serta bidang-bidang lainnya.

Melalui Dana Desa dengan hasil keputusan musyawarah kampung di tuangkan dalam berita acara dan di tanda tangani oleh kepala kampung dan badan permusyawaratan kampung (BPK) jelas semua kegiatan tersebut dikerjakan sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) dan teknisnya.Antusiasme masyarakat Tri Mulya Jaya sangat tinggi dalam membantu kegiatan pembangunan dikampungnya terlihat dari tenaga swadaya masyarakat dan tenaga padat karya tunainya, mereka menyadari bahwa pembangun kampung adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat kampung itu sendiri.

Dalam hal ini kepala desa/kampung Tri Mulya Jaya Ujang Wahyu Utomo SE mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten atas bantuan yang dikucurkan melalui Dana Desa, dengan Dana Desa tersebut Kampung Tri Mulya Jaya bisa membangun dan mengsejahterakan masyarakatnya.*(Rachmad.e).