Beranda Aceh Masyarakat Seneubok Bayu Gigit Jari,Kas BUMG Raib Alias Ludes Tanpa Bekas

Masyarakat Seneubok Bayu Gigit Jari,Kas BUMG Raib Alias Ludes Tanpa Bekas

403
BERBAGI

Aceh Timur (Radarnews.Id) masyarakat Gampong Seneubok Bayu, Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur, mulai curiga karena dana desa yang dialokasikan sebesar Rp.70Jt untuk Penyertaan Modal dalam usaha BUMG Tahun 2017 dikabarkan raib begitu saja tanpa bekas.Selasa 3 Maret 2020.

Suasana Gampong Seunebok Bayu pun akhir akhir ini terasa kurang sedap, dikabarkan kinerja Keuchik dinilai oleh masyarakat mulai tidak becus, sehingga usaha dagang BUMG tidak berjalan sebagaiman mestinya.

Ditambahkan mengenai tata kelola desa hingga Maret 2020 Keuchik belum juga membuat Laporan Pertanggung Jawaban pra (LPJ) Tahun 2019, padahal Tuha Peut Gampoung Seunebok Bayu Kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur, sudah berulang kali menasehati Keuchik agar supaya segera merampungkan laporan Pertanggung Jawaban tersebut.

Ironisnya rapat yang di laksanakan oleh pihak Tuha Peut Gampong (TPG) sempat tiga kali tertunda karena Keuchik tidak hadir, baru terlaksana setelah tiga kali tertunda pada Jum’at 28 Februari 2020.

Dikabarkan topik pembahasan rapat mengenai, yang pertama sikap Keuchik yang enggan mengikuti rapat, kedua Uang BUMG sebesar Rp 70 juta diduga diselewengkan, ketiga pencairan BUMG diduga tidak melalui Prosedur yang sesuai AD/ART serta tata tartip penarikan dana BUMG, dan keempat banyak kegiatan terlantar dan tidak siap, serta dana tidak terserap dan Silpa mencapai Rp 280 juta.

Terkait hal tersebut awak media mencoba Menghubungi Ketua Tuha Peut Gampoung Seunebok Bayu Teungku Sulaiman dikediamanya, kepada media Teungku Sulaiman menuturkan bahwa pelaksanaan usaha BUMG tidak berjalan “usaha BUMG tidak pernah ada, namun tiba tiba Kas BUMG di Bank BRI sudah terkuras” kata Teungku Sulaiman Sabtu (29/02).

Diduga Dana Kas BUMG telah di salah gunakan oleh oknum keuchik dan oknum pengurus BUMG. (Alimin).