Beranda Lampung Pelebaran JUT, Serda Tarmuji : Semua Harus Mendukung Karena Untuk Kemajuan Bersama

Pelebaran JUT, Serda Tarmuji : Semua Harus Mendukung Karena Untuk Kemajuan Bersama

106
BERBAGI

Lampung Timur, (Radarnews.id) – Bintara Pembina Desa (BABINSA) Koramil 429-06/Purbolinggo, Kodim 0429/Lamtim Serda Tarmuji menghadiri acara pembahasan pelebaran Jalan Usaha Tani (JUT) dan pemeliharaan saluran irigasi, di Desa Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (03/03/2020).

Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar, sebagian besar jalan usaha tani masih berupa tanah atau berlapis kerikil, tetapi di beberapa tempat sudah ada jalan usaha tani yang beraspal.

Sugianto, HS. selaku Kades Tanjung Kesuma saat memberikan sambutan mengatakan, “Terima kasih kepada 11 Warga yang sudah secara ikhlas menghibahkan tanahnya 1-2 M dalam rangka pelebaran Jalan Usaha Tani (JUT) nanti rencana pembangunanya sepanjang 600 M dan Lebarnya 4 M sekaligus pemeliharaan irigasi tidak lain adalah untuk kemajuan pertanian kita bersama”, Ujarnya.

Sementara Korwil PU Purbolinggo menambahkan, “Apa yang menjadi ide bersama tentang pelebaran JUT dan pemeliharaan irigasi harus mendapat respon dan dukungan semua warga, terutama pemeliharaan irigasi jika tidak diperbaiki maka air yang dikirim biasanya tidak akan sampai ke sawah paling ujung karena sama-sama kita lihat tadi di foto slide bahwa kondisi irigasi sudah rusak”, Imbuh Sukisno.

Ditempat yang sama Babinsa menghimbau kepada warga yang hanya tinggal 1 orang dari jumlah keseluruhan 12 Orang agar segera mengihklaskan untuh tanahnya di hibahkan.

“Saya selaku Babinsa akan selalu mendampingi semua kegiatan yang ada di Desa salah satunya pendampingan pertanian, karena sudah ada MOU nya, oleh karena itu saya menghimbau kepada salah satu warga yang belum melepas tanahnya untuk hibah pelebaran JUT sekaligus pemeliharaan irigasi, kalau bisa segera menyesuaikan seperti rekan-rekan petani lain mengikhlskan karena ini untuk kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi”, Ungkap Serda Tarmuji.

Pada Kesempatan tersebut juga Babinsa mensosialisasikan penerimaan Tamtama TNI AD Tahun 2020.

“Saya disini juga ingin menyampaikan bahwa pada Tahun ini TNI AD memberikan peluang kepada Putra Putri terbaik Bangsa dengan membuka peluang menjadi Prajurit yakni sebanyak 17.264 Orang”.

“Dengan rincian Catar Akmil 400, Perwira Reguler 130, Perwira Kesehatan 110, Bintara PK 3500, Tamtama PK 13.100 dan Mahasiswa Beasiswa sebanyak 24 Orang”, Pungkas Pria Asli kelahiran Lampung Timur tersebut.

Hasil pembahasan sementara, dari 12 warga yang ingin menghibahkan tanahnya untuk pelebaran JUT dan saluran irigasi masih ada 1 Warga yang belum setuju yakni Suratman, dengan alasan itu bukan tanahnya, untuk pemilik tanah tersebut adalah keluarga besarnya dimana posisinya sekarang masih berada di Malang dan akan dikoordinasikan lagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Sugianto, HS., Korwil PU Purbolinggo Sukisno, Babinsa Serda Tarmuji, Bendahara BPD Komarudin dan warga Desa Tanjung Kesuma termasuk 12 Warga yang akan menghibahkan tanahnya.

Reporter.(Tarmuji).