Beranda Daerah Tiga Skala Prioritas Menjadi Arah Pembangunan Sijunjung Kedepan

Tiga Skala Prioritas Menjadi Arah Pembangunan Sijunjung Kedepan

151
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RadarNews) – Pembangunan daerah Kabupaten Sijunjung akan di prioritaskan kepada tiga sektor yang merupakan sebagai langkah percepatan untuk mendorong kemajuan pembangunan. Tiga sektor tersebut meliputi infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) dan sektor pariwisata.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, SSTP, MSi. Menurutnya, secara keseluruhan pembangunan sektor yang ada di daerah tetap dilaksanakan. Namun, ada yang bersifat skala prioritas. “Pada dasarnya pembangunan seluruh sektor tetap berlanjut, namun infrastruktur, SDM dan Pariwisata merupakan skala prioritas pembangunan daerah kedepannya,” tuturnya.

Dengan menjadikan tiga sektor tersebut sebagai skala prioritas, artinya penganggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kedepannya akan di fokuskan kepada hal tersebut. “Ini merupakan tindak lanjut dari pembangunan yang telah dilakukan sebelumnya. Jadi agar arahnya jelas, pembangunan itu harus bersifat kontinuitas (berkelanjutan) sehingga nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan daerah,” jelasnya, Benny.

Jika dilihat dari tiga sektor tersebut, infrastruktur masih menjadi yang pertama yaitu terletak pada Dinas PUPR dan Perkim LH. Kemudian untuk pariwisata sebagai tindak lanjut dari Geopark Silokek, yang diwenangi oleh dinas Pariwisata. “Pembangunan itu dimulai dari perencanaan. Matangnya perencanaan akan menjadikan pembangunan tepat sasaran. Selanjutnya kita menjaga bagaimana agar pembangunan tersebut tetap berada pada rel/jalurnya, sehingga pembangunan itu sendiri sampai pada apa yang telah ditargetkan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Afrineldi, optimis akan kemajuan pariwisata di Kabupaten Sijunjung untuk kedepannya. Pasalnya, sektor yang dipegangnya saat ini masuk kedalam skala prioritas. “Sekarang pariwisata masuk skala prioritas. Artinya fokus dan arah pembangunan daerah untuk kemajuan dan perkembangan kawasan wisata yang ada,” katanya.

Pihaknya berkomitmen untuk membawa perubahan, terutama dalam pengembangan pembangunan kawasan Geopark Silokek. “Insyaallah kita optimis, kedepannya pariwisata kita akan lebih baik lagi. Namun kita meminta dukungan akan hal tersebut. Jadi, jangan sampai skala prioritas malah tidak didukung dengan penganggarannya,” tambahnya. (the).