Beranda Bencana Alam Gempa Bumi Tektonik guncang Lampung Barat dan Pesisir Bengkulu, ini Penjelasan BMKG

Gempa Bumi Tektonik guncang Lampung Barat dan Pesisir Bengkulu, ini Penjelasan BMKG

162
BERBAGI

Lampung Barat, (RADARNEWS.ID) – Gempa Bumi Tektonik M5,8 menguncang Lampung Barat dan Pesisir Bengkulu, pada selasa 10 maret 2020 pukul 21.06.28 wib.

Melalui rilis yang dikirim kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG Rahmat Triyono ST.Dipl.Seis.Msc. kepada biro radarnews lampung barat menjelaskan bahwa gempa tektonik tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisa BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki parameter awal dengan magnitudo M=5,8 yang kemudian di mutakhirkan menjadi M=5,6 sedangkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5,93 LS dan 102,94 BT atau tepatnya berlokasi di tengah laut pada jarak 98 km arah tenggara enggano.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng, hasil analisis mekanisme sumber menunjukan mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Dampak guncangan gempa bumi ini, diirasakan di daerah Liwa IV MMI (dirasakan orang banyak di dalam rumah), hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang di timbulkan, serta sejauh ini tidak ada gempa susulan yang dirasakan.

BMKG menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggung jawabkan, BMKG juga menghimbau agar menjauhi bangunan retak, memastikan bangunan rumah dalam kondisi baik dan memastikan tidak ada bahaya yang ditimbulkan. (RF).