Beranda Budaya PARADE OGOH OGOH di se-Kecamatan MADANG SUKU III desa Trans Batu Marta...

PARADE OGOH OGOH di se-Kecamatan MADANG SUKU III desa Trans Batu Marta Unit 6

501
BERBAGI

OKU Timur, (RADARNEWS.ID) – Menyambut hari raya nyepi tahun baru saka 1942 warga Trans Batu Marta Kecamatan Madang Suku III Kabapaten OKU Timur, mengadakan parade ogoh ogoh di alun alun desa.Minggu (15 maret 2020)

Ogoh ogoh yang ditampilkanpun begitu unik dan menarik, Ogoh ogoh adalah ciri khas warga Bali dalam menyambut hari raya Nyepi.
Parade berjalan dengan lancar dan meriah,ada 7 ogoh ogoh yg ditampilkan warga Bali di desa Trans Batumarta,bukan hanya warga Bali yang hadir di acara tersebut,warga lain pun ikut menghadirinya bahkan warga dari luar desa pun ikut datang untuk menyaksikan parade tersebut. Ogoh ogoh memiliki cerita masing masing, bukan hanya ogoh ogoh yang ditampilkan diacara tersebut bahkan ada pula tarian khas Bali.

Setiap kali menyambut hari raya nyepi warga Bali di kecamatan Madang Suku III Tarans Batu Marta memang selalu mengadakan parade Ogoh Ogoh,selain menghibur warga sekitar dengan adanya parade ini juga membawa rejeki untuk para pedagang makanan disekitar lokasi.

Menurut Angga salah satu penonton,dia sangat tertarik untuk menyaksikan parade ogoh ogoh.
Ogoh ogoh sendiri merupakan gambaran bhuta kala yang diwujudkan kedalam suatu bentuk.ogoh ogoh adalah bentuk simbolisasi energi negatif sang bhuta kala.dan setelah diarak ogoh ogoh pun akan dibakar.Jelasnya.(Ren/Amel).