Beranda Daerah Cegah Penularan Covid-19, Dinas Perkim-LH Sijunjung Rutin Gelar Bersih-bersih Lingkungan

Cegah Penularan Covid-19, Dinas Perkim-LH Sijunjung Rutin Gelar Bersih-bersih Lingkungan

101
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RADARNEWS.ID) -Salah satu upaya dalam penanganan pencegahan penularan wabah virus corona desease (covid-19) dengan menjaga lingkungan bersih dan sehat. Dalam hal ini, Pemkab Sijunjung melalui Dinas Dinas Perumahan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Sijunjung mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjaga lingkungan, serta membuang sampah pada tempatnya.

“Budaya hidup sehat dan aksi bersih-bersih, baik itu pembersihan selokan yang kotor maupun pembersihan bak sampah dan pekarangan rumah perlu diterapkan untuk menjaga lingkungan yang sehat,” tutur Kepala Dinas, Riki Maineldi Neri.

Disisi lain, Pemkab Sijunjung juga telah membentuk tim satgas penanganan wabah virus corona desease (covid19) di Kabupaten Sijunjung. Tim tersebut akan berperan sebagai pencegahan dan penanganan jika ditemukan adanya indikasi kasus ditengah masyarakat maupun dilingkungan pemerintahan.

Tim satgas yang dibentuk tersebut melibatkan sejumlah pihak dan lintas sektoral, termasuk Dinas Perkim-LH. Hal itu merupakan tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat untuk membentuk gugus tugas nasional percepatan penanganan penyebaran virus corona di daerah.

“Kegiatan itu merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi dari Dinas Perkim-LH Kabupaten Sijunjung, serta dalam menangani penularan Covid-19, maka menjaga kebersihan lingkungan sangat dianjurkan,” ungkap Riky.

Ia mengimbau kepada masyarakat jangan buang sampah sembarangan. “Buanglah sampah pada tempatnya, terapkan pola hidup sehat. Dan biasakan mencuci tangan setelah melakukan aktifitas,” jelasnya.

Kasi Penanganan Sampah dan Kebersihan, Afrizaldi menyebutkan kegiatan membersihkan lingkungan itu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Perkim LH dan petugas kebersihan guna untuk penanggulan pengurangan sampah dan menjaga kebersihan lingkungan sebagai antisipasi penyebaran wabah penyakit.

“Kita setiap hari turun kelapangan untuk melakukan pengawasan serta mengajak masyarakat secara perlahan agar memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan,” katanya.

Ia berharap dengan seringnya dilakukan kegiatan ini bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk saling menjaga kebersihan demi baik dilingkungan bermasyarakat maupun dirumah masing-masing.

“Selain kegiatan rutin harian, Dinas Perkim LH juga ada program jumpa berlian (jumat pagi bersihkan lingkungan) yang dilaksanakan setiap Jumat pagi di setiap nagari/desa secara bergilir,” pungkasnya. (the).