Beranda Daerah Pemkab Humbang Hasundutan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Penjuru Kota dan juga Dinas...

Pemkab Humbang Hasundutan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Penjuru Kota dan juga Dinas Dinas Terkait

213
BERBAGI

Humbahas, (RADARNEWS.ID) – Pemkab Humbang Hasundutan melakukan penyemprotan Disinfektan diberbagai wilayah Dolok Sanggul , Rumah Sakit, Pasar Dolok Sanggul, kantor kantor Dinas, khususnya diruang publik , ditempat keramaian yang sering digunakan masyarakat untuk berkumpul dan berpergian, guna untuk mencegah dan mensterilkan penyebaran Coronavirus Disease-19 di Kabupaten Humbang Hasundutan Propinsi Sumatera Utara dan juga Pemkab Humbang Hasundutan siap memberikan pelayanan yang sungguh sungguh terhadap masyarakat yang terkena covid-19 .

Radarnews.id pada Jumat, (20/3/2020) langsung ikut memantau dilapangan terkait penyemprotan yang dilaksanakan pihak BPBD, dan dipantau langsung oleh Dinas Kesehatan dan juga Dinas Diskominfo.

Penyemprotan tersebut langsung dilaksanakan mulai dari setiap sudut kantor dengan  mempergunakan alat semprot dan juga obat yang dipergunakan Disinfektan , didampingi langsung oleh Kalag BPBD  Humbahas Ir. Tumbur Hutagaol .

Menurut Kepala Dinas Kesehatan  drg. Hasudungan Silaban menyampaikan, petugas penyemprotan kali ini dilaksanakan oleh Dinas  Penanggulangan Bencana ( BPBD ) bersama-sama dengan Dinas Kesehatan dan diikuti oleh Dinas Kominfo Kabupaten Humbang Hasundutan, sesuai yang ditugaskan oleh Bupati Humbahas Dosmar BANJARNAHOR , dalam team penanggulangan CORONAVIRUS DISEASE-19 yang telah menjadi Bencana Nasional .

Terkait tentang obat terus terang Dinas Kesehatan sendiri merasa kewalahan mendapatkan . Walaupun demikian kami dari team sudah berusaha memesan obat Disinfektan tersebut dari luar , dan jika nantinya obat tersebut udah didapatkan, Kadis Kesehatan akan menargetkan penyemprotkan di setiap kecamatan yang ada.

Untuk masalah penghirupan uap semprotan, tidak menjadi masalah jika dihirup , cuman uapnya aja yang terlampau menyengat .   Terkait lamanya waktu agar para penghuni kantor bisa kembali masuk bekerja hanya memakan waktu lebih kurang 10 menit lamanya.

Saat Today TV Indonesia dan juga rekan rekan media meminta tanggapan dari Dinas BPBD terkait hal ini , Kalag BPBD kabupaten Humbang Hasundutan T.Hutagaol tidak bersedia memberi tanggapannya takut jawaban yang diberikannya salah mengucapkan, sehingga  Kalag BPBD sendiri mengalihkan para wartawan untuk menanyakan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan.

Saat dikonfirmasi bersama dr.Harland Sihombing , Harland hanya memberikan keterangan singkat kepada rekan rekan media terkait jenis obat yang dipergunakan , sasaran penyemprotanya , dan juga menyampaikan bahwa masyarakat sampai hari ini belum ada yang terkena COVID-16 di Kabupaten Humbang Hasundutan. (BN).