Beranda Daerah Cegah Penularan Covid-19 Komunitas Wartawan Di Sijunjung Bagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

Cegah Penularan Covid-19 Komunitas Wartawan Di Sijunjung Bagi Masker Gratis Untuk Masyarakat

125
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RADARNEWS.ID) -Langkanya masker ditengah wabah virus corona melanda menjadi perhatian banyak pihak, masker yang berfungsi untuk alat pencegahan penularan itu saat ini merupakan barang yang sulit untuk didapat. Sejumlah jurnalis di Kabupaten Sijunjung yang meras prihatin dengan kondisi itu menggalang swadaya untuk mengupayakan masker agar bisa dibagikan kepada masyarakat.

Ratusan masker yang dibagikan oleh para jurnalis itu lebih diutamakan untuk masyarakat yang beraktifitas diluar rumah seperti, tukang ojek, sopir, pedagang, dan sejumlah ASN dan masyarakat yang ada di Muaro, pusat Kabupaten Sijunjung, Senin (6/4) sekitar pukul 10.30 WIB.

Jurnalis yang tergabung dalam komunitas Gerak Wartawan Sijunjung itu mengatakan bahwa langkah ini merupakan inisiatif untuk berbuat ditengah masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Sijunjung. “Selain membagikan masker secara gratis, kita juga sosialisasikan kepada masyarakat untuk pencegahan penyebaran covid-19, baik itu physical distancing, menghindari kerumunan dan menggunakan masker,” tutur Ogi, wartawan Harian Haluan Sijunjung.

Hendri, salah seorang wartawan media Online Minangkini.com mengatakan, upaya ini sebagai kepedulian kepada masyarakat ditengah wabah virus corona melanda. “Sekarang masyarakat butuh bantuan langsung yang bisa diraskan manfaatnya secara langsung. Setidaknya bagi masyarakat yang beraktifitas diluar rumah kita minta untuk menggunakan masker, dan membagikan langsung. Paling tidak untuk mencegah penularan,” jelasnya.

Ia berharap agar sejumlah tokoh dan pihak lainnya untuk bergerak bersama dan turun membantu masyarakat. Bisa itu berupa bantuan sembako, alat pencegahan berupa masker dan APD untuk petugas penanganan covid-19 di Sijunjung. “Masker yang kita bagikan ini berbahan kain katun, dua lapis dan memakai tisu dibagian dalam. Sehingga masker bisa dicuci ulang dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama,” sebutnya.

Salah seorang anggota komunitas Gerak Wartawan Sijunjung, Heru Suhendra menerangkan kegiatan ini digelar dari hasil swadaya anggota yang tergabung di komunitas. “Jadi kita galang dana secara swadaya dalam anggota komunitas dan pesan masker ke konveksi di Bukittinggi, sehingga kita bisa dapat harga yang lebih murah. Setidaknya sekitar 400 masker telah kita bagikan untuk masyarakat di Sijunjung,” terang wartawan Dekadepos.com itu.

Pihaknya mengatakan jika ada pihak lain yang ingin bekerjasama untuk berbuat ditengah masyarakat, dipersilahkan untuk bergabung. “Kita berharap ini bisa menjadi pemicu bagi pihak lain untuk membantu masyarakat, dan bersama kita melawan wabah ini. Jika ada yang ingin bergabung kita selalu membuka diri, yang jelas tujuan utama kita untuk membantu dan bergerak langsung untuk masyarakat,” katanya.

Hadir pada kegiatan itu, Heru Suhendra (Dekadepos.com), Hendri (minangkini.com), Ogi (Harian Haluan), Endo (radarnews.id), Dicko (Sumatera Pos.com) serta Defni (fajarsumbar.com) membagikan masker kepada pengguna jalan di simpang Tugu, Muaro Sijunjung. (the).