Beranda Daerah Kades dan Sekdes Mekar Mulyo diduga Potong Bantuan KMP,” Menggunakan Aturan Sediri

Kades dan Sekdes Mekar Mulyo diduga Potong Bantuan KMP,” Menggunakan Aturan Sediri

156
BERBAGI

Lampung Timur, (RADARNEWS ID) -Dalam menghadapi Pandemi Covid-19 Virus Corona masih ada Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Mekar Mulyo Kecamatan Sekampung, Kabupaten Lampung Timur diduga pembagiannya di potong tidak mengacu dari Peraturan pemerintah.

Pasalnya, keluhan ratusan warga dengan rasa Kecewa atas adanya pengurangan KPM dengan menggunakan Aturan yang di buat oleh Sek-Des dan Kepala Desa Mekar Mulyo, Kecamatan Sekampung itu sendiri, Selama ini yang telah memanfaatkan jabatan nya dengan mengurangi hak penerima , (B P N T) tanpa dirapatkan atau di sosialisasi dari sebelum nya, Kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Bantuan Pangan Non Tunai (B P N T) .

Warga Setempat inisial (Rhs) Membenarkan adanya dugaan pemotongan KMP di desa Mekar Mulyo, sedangkan Setau kami semua (KPM) Di Desa Mekar Mulyo ini yang mempunyai Kartu gesek,keseluruhan hanya menerima beras seberat 4,5 Kg, dan telur hanya 10 butir, kacang ijo 1/2 Kg, kentang 1 Kg dan Buah Pir 1 Kg, per (KPM) kami ke sana langsung ngambil itu aja sudah dikemas Per (KPM), itupun ibu Sek-des langsung yang membagikan ya, karena kendali E Warung kan ibu Sek-des.

Yang sangat disayang kan mas mengapa ibu Sek-des tega mengurangi Haknya Kami , sedangkan di Desa-desa lain per (KPM) merata dapet berasnya 10 kg, dan Telurnya ada yang 15 dan ada yang 16 Butir per (KPM) Ya Hanya Kentang ,kacang ijo dan buah pir aja yang sama dengan desa Mekar Mulyo. Kalau sudah begini, kami meminta dan mengharapkan Para Petinggi dan penegak Hukum Di Kabupaten Lam-tim, ini untuk membenahi dan menindak tegas, Aparatur Desa yang telah mengurangi Hak kami.,’keluh belasan (KPM) senada irama nya.

Dengan mendengar Kejadian ini Pak Edi Camat Sekampung, Sontak langsung menghubungi via Tlp Pendamping (B P N T) meminta penjelasan apa saja yang di terima (k P M), secara Loud speaker, supaya awak media ini mendengar apa yang dijelaskan pendamping, ternyata pendamping BPNT menjelaskan per (K P M), beras 10 kg. telur 15 butir, kacang ijo 1/2 Kg, kentang 1 Kg dan Buah Pir 1 Kg. Kalau dikurangi dari itu, tidak boleh Pak itu Haknya (K P M) Kalau K P M sendiri yang membaginya sendiri ya gak masalah pak , tapi kalau E Warung yang membagikan Hak KPM itu melanggar Aturan pak,. Jelas pendamping,dan Pak Camat di ruang dinas, Senin (20 April 2020).

Bersamaan itu Sek-des dan Kades Desa Mekar Mulyo mejelaskan di depan Camat Sekampung, membenarkan dengan kejadian ini, bahwa beras yang dibagikan pada penerima KPM hanya seberat 4,5 kg . telur hanya 10 butir, kacang ijo 1/2 Kg, kentang 1 Kg dan Buah Pir 1 Kg, per (KPM) itu Dulu pernah saya sampaikan ke penerima, untuk memberikan bantuan suka rela beras 5,5 kg, dan telur 5 Butir, ya waktu dulu, ya memang tidak ada Berita Acara dan Belum Pernah Di rapatkan resmi bersama warga di Balai Desa, pembagian seperti ini dari pertama kali berjalanya adanya, (B P N T) , namun tidak pernah bergejolak dan tidak pernah bermasalah, bantah Sek-des.

Pada saat di telvon melalui telvon seluler nya ( selasa 21 april 2020 ) pukul 15.00 wib.
Mista atmaja ( selaku kades mekar mulya ) membantah keras, menurut nya pembagian seperti ini sudah berjalan sudah lama mas, dari Kades Lama dulu waktu saya masih masih menjabat kaur desa, bahwa dia menyatakan pembagian ke masyarakat sudah sesuai dan ada berita acaranya, tandas Kades Mekar Mulyo. ( z h r ).