Beranda Banda Aceh Kapal Patroli TNI Angkatan Laut KRI Kelabang (826) Bersandar di Pelabuhan Cargo...

Kapal Patroli TNI Angkatan Laut KRI Kelabang (826) Bersandar di Pelabuhan Cargo Sinabang

472
BERBAGI

SIMEULUE (RADARNEWS.ID) – Kapal Patroli TNI-AL KRI Kelabang (826) tiba di Pelabuhan Cargo Sinabang sekitar pukul 11.00 Wib Jumat, 01 Mei 2020 dalam rangka untuk pembekalan ulang pasca melakukan patroli di seluruh area pantai Barat Sumatra langsung disambut oleh Komandan Pangkalan TNI-AL Simeulue.

Letkol Laut (P) DIAN WAHYUDI A.W, ST., M.Tr. Hanla., MM selaku Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Simeulue menyampaikan kepada sejumlah awak media “Kapal Patroli TNI-AL KRI Kelabang (826) ini bertugas sebagai pelaksana Operasi Gugus Keamanan Laut di area pantai Barat Sumatra” ungkapnya Jumat (01/05/2020).

Sambungnya “kita sebagai Pangkalan Angkatan Laut Simeulue memiliki fungsi 5R, yaitu Rebase, Replenishment, Repair, Rest and Recreation harus mendukung Gelar Operasi yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut, jadi berhubung KRI Kelabang (826) sedang melakukan operasi dekat perairan Simeulue dan akan melaksanakan pembekalan ulang, sehingga memutuskan untuk bersandar di pelabuhan Cargo Sinabang” jelasnya.

Komandan TNI Angkatan Laut Simeulue menambahkan “bagi masyarakat Kabupaten Simeulue yang ingin berkunjung untuk melihat Kapal TNI Angkatan Laut KRI Kelabang (826) silakan saja, akan tetapi tidak disarankan untuk masuk ke dalam kapal dikarenakan pada saat ini sedang mewabahnya Covid-19, maka boleh dilihat hanya dari luar sahaja” pungkasnya.

Kapten Kapal TNI Angkatan Laut KRI Kelabang (826) Mayor Laut (P) /Dan ANDROMEDA W. CIPTADI menjelaskan bahwa “KRI Kelabang (826) merupakan sebuah Kapal Patroli yang daerah operasinya di pantai Barat Sumatra dan kapal patroli ini berpangkalan di Padang”

“Oleh karena itu, sehari – hari kami melakukan patroli di seluruh area pantai Barat Sumatra mulai dari yang paling Utara sampai ke Meulaboh dan dari Selatan sampai ke Bengkulu. Kebetulan kami mendapatkan sektor operasi di pantai Barat yang sektor Utara, kemudian setelah menjalankan operasi kami sandar/singgah di sini untuk melakukan pembekalan ulang” jelasnya.

“Untuk selanjutnya kita tetap akan melakukan operasi dan nanti pada saat butuh pembekalan ulang lagi (untuk kebutuhan bahan makan) mungkin nanti kami bisa sandar di Sibolga, Nias ataupun ke Padang kembali” ujarnya.

Kapten Andromeda menambahkan terkait dengan fasilitas Kapal Patroli ini bahwa “memiliki awak kapal sebanyak 32 orang dan dilengkapi dengan persenjataan meriam 25 melimeter dan mempunyai metraliur 12,7 melimeter. Fungsi asasinya adalah sebagai Kapal Patroli untuk Penegakan Hukum di Wilayah Yurisdiksi Perairan Indonesia”

Kapal Patroli ini akan bersandar di pelabuhan Cargo Sinabang lebih kurang selama 3 hari dan rencana akan bertolak melanjutkan operasi pada hari senin, 04 Mei 2020 sesuai dengan perintah Komando atasan kami” tutupnya.(Suhardi).