Beranda Daerah Ketua IWO Lamtim Memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional,” Pejabat Masih Main Petak...

Ketua IWO Lamtim Memperingati Hari Kebebasan Pers Internasional,” Pejabat Masih Main Petak Umpat Dengan Wartawan

156
BERBAGI

LAMPUNG TIMUR (RADARNEWS.ID) -Memperingati hari kebebasan Pers Sedunia (Internasional) yang jatuh pada Minggu, 3 Mei 2020, Ikatan Wartawan Online (IWO) Lampung Timur sampaikan harapan kepada pemerintah dan pejabat di Kabupaten Lampung Timur agar lebih terbuka melayani jurnalis saat melakukan tugas jurnalistik.

Selaku Ketua IWO Lampung Timur Edi Arsadad, berharap tidak ada lagi pejabat yang seperti main petak umpat dengan wartawan saat hendak dimintai wawancara.

” Saya berharap lebih terbuka, karna karya jurnalistik haruslah berimbang” ujarnya.

Dikatakan Edi, Berdasarkan Universal Declaration of Human Rights 1948 pasal 19, ditetapkannya Hari Kebebasan Pers Sedunia bertujuan untuk menghormati kebebasan pers dan mengingatkan pemerintah akan tugas mereka untuk menghormati dan mematuhi hak atas kebebasan berekspresi.

” kita sama sama menghormati kebebasan pers, Wartawan bekerja juga diatur dengan UU ” dan Jurnalist merupakan masuk di Pilar ke empat.Jelas Edi.

Masih kata Edi, Kekerasan terhadap wartawan juga menjadi sorotan. Tercatat kekerasan dan pelecehan terhadap wartawan masih sering terjadi di beberapa kabupaten di Provinsi Lampung.

“Saya berharap ini tidak terjadi lagi, apabila kehadiran ada kekeliruan dalam melaksanakan tugas jurnalistik, silahkan diselesaikan sesuai mekanisme dan UU pers” kata Edi.

Namun begitu Edi juga mendukung apabila ada wartawan saat bekerja melampaui tugas dan fungsinya untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku.

” Silahkan saja, misalnya melakukan pemerasan. Ini adalah perbuatan pidana silahkan laporkan ke aparat penegak hukum jika merasa di rugikan, karna kami juga ingin menciptakan Wartawan yang bersih dan profesional” tegas Edi.(red/rls).