Beranda COVID-19 PDP OKU Timur Berinisial IJ yang dinyatakan Positif Covid 19 dan Meninggal...

PDP OKU Timur Berinisial IJ yang dinyatakan Positif Covid 19 dan Meninggal Dunia dikebumikan Sesuai Standar Covid 19

429
BERBAGI

Oku Timur, (RADARNEWS.ID) -Komisi IV DPRD OKU Timur Menghimbau Bupati dan Satgas Penanganan Covid 19 Serta Dinkes Untuk Lebih Serius

Dengan dinyatakan satu PDP OKU Timur berinisial IJ berdasarkan hasil swab yang kirim ke Palembang, hasilnya keluar dan dinyatakan positif Covid 19 baik sample pertama maupun yang kedua. Mendapat perhatian dari DPRD OKU Timur khususnya Komisi IV.

Ketua Komisi IV DPRD OKU Timur Masrin Diana pada Minggu (03/05/2020) malam mengatakan, Komisi IV DPRD OKU Timur menghimbau dan meminta kepada bupati dan Dinkes untuk lebih serius lagi dalam mengatasi virus corona maupun Covid 19. Terlebih saat ini sudah ada satu PDP yang dinyatakan positif.

“Kita himbau bupati dan Satgas penanganan Covid 19 serta Dinkes untuk lebih serius lagi terlebih sekarang sudah ada yang positif,”ungkapnya.

Jangan sampai karena kurangnya keseriusan dalam penangan membuat bertambahnya korban. Memang sekarang menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat untuk ikut andil dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona. Namun Satgas juga harus lebih serius lagi.”Kita hanya bisa berharap jangan sampai ada warga kita yang positif lagi,”jelas politikus PKB ini.

Masrin juga menghimbau Pemkab agar melibatkan TNi/Polri dan Sat Pol PP untuk mengawasi ODP mengingat sudah ada yang positif sebelum penyebarannya lebih luas. “Kepada masyarakat kami menghimbau untuk mengikuti anjuran dan instruksi pemerintah juga maklumat Kapolri guna mempersempit penyebaran virus Corona ini,”ungkapnya

Seperti diberitakan sebelumnya, satu PDP asal OKU Timur yang sudah meninggal dunia tekonfirmasi positif,
corona. Demikian diungkapkan, Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur yang juga Sekdin Dinkes Yakub, SKM, M.Kes, didampingi Kasubag Humas Pemkab OKU Timur Zullahmi Wahyu Nugrahadi, S,STP, saat jumpa pers yang berlangsung pada Minggu (03/05/2020).

Data yang diupdate pagi tadi sesuai perkembangan ODP 319, PDP 11 kasus, satu terkomfirmasi inisial IJ yang pada per 2 April batuk pilek dan dinyatakan ODP. Setelah dinyatakan ODP dilakukan pengobatan dan isolasi rumah dan peb16 April dinyatakan sembuh. Selanjutnya 26 April IJ dilarikan ke Rumah Sakit Charitas Gumawang karena mengalami pingsan dan dilakukan penanganan semestinya PDP dan ditempatkan diruangan Isolasi,katanya.

“Perawat-perawat kita melaksanakan perawatan sesuai standar APD level 3, kemudian 29 April pukul 15.00 Wib IJ meninggal dunia tidak lebih dari empat jam dilakukan pemakaman sesuai standar covid 19,”tambahnya.

Sebelumnya sudah dilakukan rafid tes dan hasilnya negatif. “Kita ambil swab dan kita kirim ke Palembang, sample yang kita kirim dan hasilnya keluar dan dinyatakan positif Covid 19 baik sample pertama maupun yang kedua,”ungkapnya.

Saudara IJ warga Kecamatan Belitang I, sudah melakukan karantina rumah terhadap 23 orang yang pernah kontak dan petugas di RS Charitas sudah dilakukan observasi. “Kita sudah memerintahkan staf kita dari bidang P2P untuk melalukan rafid tes, jika melihat riwayat perjalanannya kasus impor, sebelumya pasien itu melakukan perjalanan dari Bogor,”imbuhnya.

Sudah melalukan pendataan terhadap orang yang permah kontak dengan IJ. Selain itu masyarakat yang sudah pernah kontak dengan IJ sebaiknya melapor agar segera ditangani Satgas Covid 19,terangnya.(Amelia).