Beranda Daerah Ketua LPA Lamteng Salurkan Bantuan Rehabilitasi Sosial Kepada Anak Yang Pernah Tersandung...

Ketua LPA Lamteng Salurkan Bantuan Rehabilitasi Sosial Kepada Anak Yang Pernah Tersandung Hukum

331
BERBAGI

Lampung Tengah (RADARNEWS.ID)- Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Eko Yuono secara langsung menyalurkan bantuan rehabilitasi sosial kepada 20 anak yang pernah tersandung masalah hukum.

Eko menjelaskan, bahwa penyaluran bantuan sosial dari Pemerintah Pusat tersebut merupakan mandat dari negara. Dimana mandat tersebut bertujuan untuk tataran proses hukum yang telah selesai menjalankan masa hukuman.

“Bantuan rehabilitasi sosial ini kita berikan terutama pada anak-anak yang bermasalah dengan hukum, baik korban kejahatan seksual, fisik, dan juga penyalahgunaan Narkotika Pdikotropika dan Zat Adiktif (Napza) yang tataran proses hukumnya sudah selesai,” ujar Eko kepada media radarnews.id Rabu (13/5/2020).

Dilanjutkan Eko, bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 1 juta per anak tersebut dikirimkan melalui rekening masing-masing anak, yang nantinya dapat di cairkan dengan dua tahap. Dimana dana tersebut itu bertujuan untuk biaya pengasuhan anak dan pengasuhan keluarga.

“Untuk tahap pertama, di masa pandemi Covid-19 ini, maka dana tersebut di alihkan untuk membantu gizi anak, yang berupa roti, susu sarden dan lainnya, serta Alat Pelindung Diri (APD) dalam mengantisipasi terjadinya penyebaran virus,” tambahnya.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng dapat turut andil membantu pendampingan didalam segala hal kegiatan yang bersangkutan dengan sosial. Sebab saat ini bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat hanya dikerjakan oleh Pekerja Sosial (Peksos) secara bergotong royong.

“Jadi mestinya, Pemkab juga bisa menganggarkan untuk pendampingan teman-teman peksos ini, sebab selama ini bantuan yang di berikan kita kerjakan secara bergotong royong, baik dalam membuat laporan dan pelaksanaan tanpa adanya pendampingan,” pungkasnya. (red).