Beranda Daerah Gerak Cepat, Dinas PUPR Dharmasraya Perbaiki Jalan Tiumang-Koto Beringin yang Putus

Gerak Cepat, Dinas PUPR Dharmasraya Perbaiki Jalan Tiumang-Koto Beringin yang Putus

121
BERBAGI

DHARMASRAYA, (RADARNEWS.ID) -Gerak cepat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat memperbaiki akses jalan yang putus di jalan poros kecamatan Tiumang mendapatkan apresiasi dari warga. Dengan diperbaikinha jalan kabupaten yang menghubungkan dua nagari Tiumang – Nagari Koto Beringin tersebut akhirnya bisa dilewati kendaraan roda dua dan empat usai diperbaiki dinas PUPR Kabupaten setempat pada Kamis (28/5).

Aksi cepat tanggap (ACT) yang dilakukan pemerintah Dharmasraya terhadap keluhan yang disampaikan masyarakat mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak. Khususnya masyarakat Kecamatan Tiumang.

Seperti diketahui, sehari sebelumnya, jalan poros Tiumang sempat mengalami kerusakan dan nyaris putus total, sehingga menyulitkan warga untuk melewatinya. Bahkan lobang yang menganga di badan jalan tersebut sangat mengancam pengendara.

“Alhamdulillah sudah bisa dilewati, dan kami tidak harus memutar lagi kalau mau keluar,” ujar Suir (52) warga Tiumang

Katanya, ia mendapatkan informasi dari pihak nagari kalau hari ini jalan yang putus ini akan diperbaiki pemda.

“Kami sangat senang jalan ini diperbaiki, dan bisa kembali digunakan masyarakat. Terimakasih atas perhatian bupati terhadap daerah pinggiran,” ungkapnya

Ia mengatakan, jalan tersebut sangat berfungsi untuk masyarakat sekitar, karena memang menjadi akses satu-satunya penghubung antar nagari.

Sementara itu, Camat Tiumang, Arwenta mengucapkan terima kasih atas cepat tanggapnya pihak pemda dan dinas PUPR Dharmasraya dalam memperbaiki jalan yang putus tersebut.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan dinas PUPR Dharmasraya, atas cepat tanggapnya dalam merespon keluhan warganya,” ujar Mantan Kabag Humas Setdakab Dharmasraya tersebut.

Arwenta menambahkan, jalan putus diketahui pagi harinya, dan langsung kita laporkan ke Bupati dan pihak dinas PUPR.

“Alhamdulillah jalannya telah selesai, satu hari langsung dieksekusi oleh pemda,” pungkasnya.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Dharmasraya, Andar Atmaja menyebutkan usai mendapatkan laporan dari pihak kecamatan Tiumang, Nagari Tiumang dan Nagari Koto Beringin, pihaknya langsung melakukan survey ke lokasi jalan yang putus tersebut pada Rabu (27/5).

“Setelah dapat laporan dari pihak kecamatan dan nagari, kita langsung survey ke lokasi kamaren (Rabu-red). Dan hari ini telah selesai diperbaiki,” ujar Kabid Bina Marga Dinas PUPR Dharmasraya, Andar Atmaja kepada awak media pada Kamis (28/5) siang.

Andar menambahkan, gorong gorong yang hancur akibat derasnya arus anak sungai yang meluap diganti dengan box culvert precets atau gorong-gorong beton kotak.

“Gorong gorong yang hancur kita ganti dengan box culvert Precets. Alhamdulillah telah selesai dikerjakan dan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat,” jelas Andar.

Katanya, digantinya dengan Box culvert precest atau yang juga biasa disebut gorong-gorong beton kotak karena bahan konstruksi yang dibuat dari beton bertulang berbentuk segi empat. “Konstruksi ini memiliki spigot dan soket yang membuatnya kedap air tanah dan tetap menyatu ketika terjadi pergeseran tanah,” pungkasnya.

Sebelumnya, kondisi jalan poros dikecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya sangat memprihatinkan, terutama pada jalan yang menghubungkan Nagari Tiumang – Nagari Koto Beringin kondisinya rusak parah. Bahkan jalan penghubung dua nagari tersebut nyaris putus dan tak bisa dilewati pengendara akibat besarnya lubang yang ada di badan jalan. Parahnya lagi, tak adanya rambu rambu dibeberapa titik jalan yang rusak, menyebabkan rawan terjadinya kecelakaan dan menebar maut. (gus).