Beranda Daerah DiDUGA OKNUM KETUA GAPOKTAN GELAPKAN DANA LPDPM PROPINSI LAMPUNG

DiDUGA OKNUM KETUA GAPOKTAN GELAPKAN DANA LPDPM PROPINSI LAMPUNG

1934
BERBAGI

Lampung Timur ,(RADARNEWS.ID) -Prosedur pencairan Dana bantuan pemerintah untuk pengembangan Distribusi pangan masyarakat ( LDPM ) ada 10.Aitem Gapoktan Panca Karsa desa sumberejo kecamatan way jepara lampung timur,pada 2012 telah mendapatkan kucuran Dana dari Dinas Pertanian dan pagan propinsi Lampung Berjumlah sebesar RP = 150.000.000. (Seratus lima puluh juta rupiah) DANA ini digunakan untuk modal jual beli gabah kepada kelompak tani yang mengacu pada Rencana Usaha Kelompok ( RUK ) dengan tujuannya agar hasil panen padi petani tidak dijual kepada tengkulak lain.

Namun dari temuan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM GMBI ) Lampung timur Rahmad gempita buana”ketua gapoktan panca karsa mustofa sudah 5 tahun ini tidak pernah membeli hasil panen padi kepada kelompak tani,sedang dana ratusan juta rupiah hingga sampai brita ini diturunkan tidak jelas dimana rimba nya Mak jelas ( MJ ) seperti ilang ditelan bumi kata Rahmad gempita buana RGB kepada awak media ini pada hari Kamis (04/ 06/2020).

Seperti pengakuan bendahara Gapoktan Panca Karsa “pada tahun 2017 ada organisasi dalam pengurusan tentang bendahara Gapoktan yang lama di ganti yang baru namun selaku bendahara tidak pernah di fungsi oleh ketua Gapoktan dan untuk pelaporan pada tiap per triwulan ke dinas namun hanya di rekayasa tidak laporan tersebut tidak sesuai dengan praktek di lapangan apalagi selaku ketua Gapoktan Sdr Mustofa juga bukan warga asli penduduk desa Sumberejo melainkan warganya desa lain.Jelasnya

Selanjutnya awak media ini lansung konfirmasi kepada pengurus gapoktan panca karsa untuk desa sumberejo kecamatan way jepara kabupaten Lampung Timur Mustofa membenarkan kalau Gapoktan Panca karsa mendapatkan bantuan dana sebesar (SERATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH ) RP = 150.000.000 juta dari Dinas Pertanian dan pagan propinsi Lampung guna dana tersebut di peruntukkan di antaranya 1.membuat gudang .RP = 30.000.000. untuk, 2.ofrasional RP = 20.000.000, dan 3.untuk jual beli padi Rp = 100.000.0000. ( seratus juta rupiah juta tutup nya bendahara dan mengaku tidak dipungsikan sesuai dengan tugas sebagi bendahara Gapoktan Panca karsa papar Sarno. (fad /mad).