Beranda Daerah Personil Koramil Way Jepara Dampingi Tim Kesehatan Adakan Rapid Tes

Personil Koramil Way Jepara Dampingi Tim Kesehatan Adakan Rapid Tes

74
BERBAGI

Lampung Timur, (RADARNEWS ID) -Bintara Tinggi Tata Urusan Dinas Dalam (Batituud) Koramil 429-09/Way Jepara Pelda Suroto bersama Forkopimcam dampingi tim kesehatan adakan Rapid Test di Pasar Way Jepara, Kamis (9/7/2020).

Rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus Corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus Corona.

Dengan kata lain, bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun perlu diketahui, pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu hal inilah yang bisa menyebabkan keakuratan dari rapid test cukup rendah.

Jadi, rapid test di sini hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus Corona atau COVID-19.

Kapuskes Way Jepara Munawar menyampaikan,”hasil rapid test yang kami laksanakan hari ini kepada ± 30 Orang pengelola dan pengunjung pasar semua negatif, terima kasih kepada Babinsa atas pendampinganya sehingga kegiatan hari ini berjalan dengan aman dan lancar,” tutupnya.

Sementara Danramil Way Jepara Kapten Arm. Adi Hernizam melalui Pelda Suroto mengatakan,”kami menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh tim kesehatan puskesmas, dengan adanya rapid test bisa diketahui mereka terpapar Covid-19 atau tidak,” Pungkasnya. (efrizal).

Tarmuji