Beranda Daerah Wonotirto Kabupaten Blitar, Laksanakan Pembagian BLT Tahap 2

Wonotirto Kabupaten Blitar, Laksanakan Pembagian BLT Tahap 2

148
BERBAGI

Blitar, (RADARNEWS.ID)-Sebagai tindak lanjut pelaksanaan kebijakan Pemerintah tentang refocusing penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2020 yang diperuntukkan penanggulangan dampak Corona Virus Desiase (Covid-19),Desa wonotirto Kabupaten Blitar, Jawa Timur cairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tadi pagi Jum’at (17-7-2020).

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) kepada warga miskin yang terdampak pandemi Covid-19 tahap ke dua diserahkan di pendopo kantor desa wonotirto

Kepala Desa (Kades) imam Mucharom mengatakan, Desa wonotirto yang mendapatkan bantuan langsung tunai dari dana desa sebanyak 92 kepala keluarga, masing-masing Kartu Keluarga (KK) mendapat bantuan sebesar Rp. 600 Ribu yang nantinya akan diberikan selama 3 bulan dari ini tahap yang ke dua.

“Warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan ini sudah terseleksi dengan baik, penjaringannya dilakukan oleh para relawan, dan selanjutnya diadakan Musyawarah Desa (Musdes) yang dituangkan dalam peraturan desa”katanya.

Selanjutnya imam Mucharom menjelaskan, kriteria orang yang kurang mampu yang telah disepakati dalam Musyawarah Desa (Musdes) diantaranya, keluarga lansia kurang mampu, keluarga kurang mampu yang mempunyai keluarga sakit kronis menahun, serta keluarga miskin terdampak atau tidak bisa bekerja karena wabah Corona.
diharapkan mampu meringankan beban hidup bagi warga masyarakat kurang mampu yang kena dampak Covid-19.

“Sebagai Kepala Desa saya berusaha maksimal agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran, karena untuk menentukan siapa yang lebih berhak untuk memperoleh bantuan sosial ini tidak mudah, maka agar supaya tepat sasaran .Kalau berbicara tentang dampak, semuanya kena dampak virus Corona ini, namun kita seleksi mana yang lebih lemah ekonominya itu yang patut dibantu”ucapnya.

Lebih lanjut Kepala Desa wonotirto menyampaikan jumlah warga penerima bantuan langsung tunai dari dana desa ini berjumlah 92 Kepala Keluarga, jumlahnya Rp 600 Ribu sesuai dengan petunjuk dari Ke Kemendes

“Secara langsung telah diberikan kepada warga pada pagi ini di Balai Desa wonotirto yang disaksikan oleh perwakilan dari kecamaran wonotirto bersama Babinsa dan babinkamtibmas, dan ketua BPD desa wonotirto . (Yono).