Beranda Daerah Datang Ke Sijunjung, Wagub Nasrul Abit Dorong Penguatan Pangan dan Pertanian

Datang Ke Sijunjung, Wagub Nasrul Abit Dorong Penguatan Pangan dan Pertanian

82
BERBAGI

SIJUNJUNG (RADARNEWS.ID)-Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyapa petani dan masyarakat di Kabupaten Sijunjung. Kunjungan kerja Pemerintah Provinsi Sumbar ke Kabupaten Sijunjung untuk mendorong penguatan ketahanan pangan dan pertanian, terutama ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

Pada kunjungan itu, Nasrul Abit yang didampingi sejumlah OPD provinsi, Sekdakab Sijunjung, Zefnihan, Kepala Dinas Pertanian Sijunjung, Ir.Ronaldi dan OPD lainnya. Kedatangan itu untuk menggelar silaturahmi dengan masyarakat di Nagari Sijunjung, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Sekaligus menyalurkan bantuan untuk penguatan pangan ditengah masyrakat, pada Senin (31/8).

Di bidang pertanian, Wagub Nasrul Abit menyalurkan bantuan berupa ratusan bibit tanaman buah-buahan kepada masyarakat. Kemudian bantuan APD dan masker pun juga disalurkan sebagai bentuk kepedulian pencegahan Covid-19.

Wagub Nasrul Abit juga membahas desiminasi inovasi daerah tentang teknologi komposisi pakan ikan berbasis sumber daya lokal. “Masyarakat juga dikenalkan dengan bagaimana pemanfaatan sumber daya lokal untuk diolah menjadi pakan ikan, itu merupakan desiminasi inovasi daerah,” tutur Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung, Ir.Ronaldi.

“Ada ratusan bibit buah-buahan yang dibagikan kepada masyarakat diantaranya bibit manggis, mangga, durian dan jenis buahan lainnya. Selain itu juga diagendakan untuk panen jagung bersama di Nagari Sijunjung,” katanya.

Selain bibit tanaman, Nasrul Abit juga membagikan 10 ribu bibit ikan nila untuk masyarakat. “Selain itu 10 ribu bibit ikan nila juga dibagikan dan dilepaskan di kolam milik masyarakat. Bantuan itu langsung dari Pemprov Sumbar,” sebut Ronaldi.

Upaya tersebut dilakukan untuk penguatan sektor pangan ditengah masyarakat, terutama ditengah masa pandemi Covid-19. “Bantuan itu sebagai bentuk dorongan di sektor pangan dan pertanian dari pemerintah provinsi,” ujar Kadis Pertanian, Ir.Ronaldi.

Disisi lain, kunjungan kerja Pemprov Sumbar yang dipimpin Nasrul Abit itu juga dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat pada sektor pangan dan pertanian di Kabupaten Sijunjung.

“Kebetulan kita juga salurkan proposal masyarakat dan kelompok tani kepada Pemprov Sumbar. Ada yang butuh bibit tanaman, bibit ikan dan ada juga yang mengajukan permohonan bantuan alsintan. Tujuannya untuk mendorong pertanian dan pangan kita di Sijunjung. Semoga bisa diakomodir nantinya,” harap Ronaldi.

(the)