Beranda Daerah Warga Desa Air Itam Timur Keluhkan Tumpukan Sampah Dan Bau Tidak Sedap

Warga Desa Air Itam Timur Keluhkan Tumpukan Sampah Dan Bau Tidak Sedap

227
BERBAGI

SUMSEL,(Radarnews.id)- 17/11/2021. Tumpukan sampah di Tepian Di Jalan More Desa Air Itam Timur, kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir atau PALI propinsi Sumatera Selatan, kian hari semakin menumpuk.

Sehingga merusak pemandangan dan mengganggu kesehatan. sebab dikhawatirkan akan menimbulkan berbagai penyakit, terutama penyakit saluran pernapasan atau Ispa.

Hal itu ditegaskan oleh salah seorang Pemuda setempat bernama Raditia, saat Reporter Radarnews pulang kampung beberapa hari lalu.

Menurutnya di lokasi tersebut memang dijadikan Warga sebagai tempat pembuangan sampah pada waktu Subuh, saat akan beraktivitas berangkat kerja menyadap karet ke kebun masing masing dan sudah bertahun tahun lamanya.

Menurut Radit selama ini tidak tidak ada upaya baik dari Warga maupun Pemerintah Desa untuk mencegah serta untuk membuang sampai ketempat yang lebih aman, sehingga tidak menggangu Warga sekitar.

Dirinya mengakui bahwa di Desa Air Itam tidak terdapat tempat pembuangan sampah, sehingga diduga itulah yang menjadi penyebab Warga membuang sampah sembarangan tersebut.

Untuk itu Dirinya meminta kepada Masyarakat Desa Air Itam agar menghentikan praktik Mereka membuang sampah sembarangan. Dirinya juga meminta agar Pemerintah Desa Air Itam Timur dapat menyediakan tempat sampah.

Sehingga bisa diangkat dan di buang pada tempat yang lebih aman, papar Radit kepada Radarnews baru baru ini.

Dirinya mengharapkan Pemerintah Desa menyediakan kendaraan angkutan sampah, agar sisa sampah Warga bisa di buang ketempat yang lebih layak.

“Sekarang kan ada Dana Desa, itukan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan sosial seperti untuk angkutan sampah sisa rumah tangga ” pungkas Raditia.

(Kris/red).