Beranda Daerah Bupati Tubaba harapkan masyarakat Tubaba Kembangkan Petani Melon

Bupati Tubaba harapkan masyarakat Tubaba Kembangkan Petani Melon

281
BERBAGI

Tubaba,(radar news.id)-Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, Ir.Umar Ahmad,Sp. Inginkan warga masyarakat petani se Kabupaten Tubaba kembangkan tanaman Melon.

Hal tersebut disampaikan Bupati saat menghadiri panen perdana tanaman Melon, di Kelurahan Daya Murni Rk 2, Kecamatan Tumijajar, Kabupaten setempat. Senin (13/12/2021) pukul 9.30 Wib.

“Saya mengharapkan agar usaha seperti ini dapat dikembangkan, dan menjadi contoh atau alternatif salah satu usaha bidang pertanian warga Tubaba.” Kata Bupati disampaikan Syamsul Komar

Kepala Dinas Pertanian Ir.Syamsul Komar juga menyampaikan. Selama ini warga petani sekitar telah dua kali panen tanaman Melon, namun baru kali ini hasilnya yang sangat memuaskan.

“Tanaman Melon ini milik warga binaan Dinas Pertanian. Dan ini baru pertama kali kita panen sebesar ini, per buah nya mencapai 2 Kg, dengan modal yang cukup sederhana.” Kata Komar saat di hubungi awak media.

Melon tersebut kata dia, ada tiga jenis diantaranya. Golden Apollo, Alyssa, dan Alina. Dengan masa panen sekitar umur 60 – 65 hari.

“Modal nya relatif,  tergantung penanganannya, rata-rata sekitar Rp10.000 – 8000 – 7000 per batang.” Katanya.

Untuk perawatan tanamannya sangat standar, pertama penyiapan lahan, pembajakan lahan Dan tak kalah penting lagi menyiapkan
pupuk kandang serta obat pengendalian hama. Berkaitan perawatan pupuk nya, itu terus berjalan.

“Modal per batang bisa ditekan lagi sebenarnya, pasca hasil panen ini diharapkan petani bisa menyambut baik, apalagi melihat akses tol transportasi sudah bagus, sehingga untuk penjualan atau pengiriman sudah lancar.” Imbuhnya.

(Rus).