Beranda Daerah Kesbangpol Dituding Persulit Perizinan Pendirian IPLI

Kesbangpol Dituding Persulit Perizinan Pendirian IPLI

373
BERBAGI

Metro, Lampung (Radarnews.id) – Merasa dipersulit dalam administrasi perizinan berorganisasi, puluhan Muda- Mudi yang tergabung pada Ikatan Pemuda Lampung Indonesia (IPLI), mendatangi kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, hal itu Mereka lakukan untuk mempertanyakan kejelasan izin yang Mereka minta sejak 2021 lalu, Rabu (9/2/2022).

Ketua Ikatakan Pemuda Lampung Indonesia (IPLI) Kota Metro, Hermansyah TR mengatakan, kedatangan mereka ke Kantor Kesbangpol setempat untuk meminta kejelasan terkait usulan izin keberadaan Organisasi Mereka di Bumi Sai Wawai yang sejak 2021 telah Mereka usulkan.

Namun demikian, usulan izin IPLI telah di daftarkan ke Kesbangpol Kota Metro tahun lalu itu, hingga kini belum ada tindak lanjut dari Kesbangpol setempat.

“Kedatangan kami ke Kesbangpol tadi itu sebagai bentuk kekecewaan atas pelayanan administrasi di kantor Kesbangpol kota Metro ini. Kami mempertanyakan Kenapa usulan izin kami yang di ajukan sekitar bulan September tahun lalu itu, hingga tahun ini belum juga selesai. “Berapa bulan sudah lalu, sudah Kami ajukan, tapi izin itu belum dikeluarkan,” ujarnya.

“Padahal, lanjut dia, jika dalam persyaratan administrasi ada kekurangan berkas yang harus dilengkapi. Pihaknya siap memenuhi kelengkapan berkas yang diperlukan, namun tidak ada permintaan dari Mereka, jadi selama ini Kita santai saja” papar Herman.

“Kami siap melengkapi berkas jika ada kekurangan. Tapi kenapa tidak ada koordinasi dari kantor ini, apa saja yang kurang, apa saja yang dibutuhkan. Padahal kami meninggalkan alamat dan nomor telepon kantor kami,” sesalnya.

Dia menjelaskan, kedatangan rombongan Ikatan Pemuda Lampung Indonesia ke kantor Kesbangpol Kota Metro untuk mempertanyakan beberapa hal diantaranya, sudah sejauh mana proses legalitas hukum ikatan Pemuda Lampung Indonesia di Kota Metro (Kesbangpol). Karena proses pengajuan sudah sejak 2021 lalu.

Lalu, Pihaknya meminta Pemerintah Kota Metro untuk tidak mendramatisir perijinan Mereka ajukan ini, oleh karenanya Herman memintak Kesbangpol setempat segera berkoordinasi dengan kejaksaan, kepolisian serta unsur terkait untuk melakukan survei atas keberadaan organisasi baru akan terbentuk ini

Kemudian, Pihaknya meminta Kesbangpol Kota Metro untuk mempercepat pengeluaran SKO Ikatan Pemuda Lampung Indonesia jika persyaratan sudah terpenuhi.

“Bagaimana kami bisa tahu apa saja kekurangan persyaratan administrasinya. Karena kemarin kami tidak diberi formulir isian pemberitahuan persyaratan pendirian sebuah Organisasi kemasyarakatan dan tata cara pemberitahuan keberadaan organisasi dan lembaga nirlaba lainnya kepada Pemkot Metro,” sesalnya lagi.

Sementara, perwakilan Bidang Poldagri dan Ormas pada Kesbangpol Kota Metro, I Ketut Gede Partito mengatakan pihaknya telah melakukan verifikasi pada berkas usulan Ikatan Pemuda Lampung Indonesia.

“Memang sudah masuk ke kami berkasnya. Namun ada beberapa kekurangan, makanya kami menunggu kekurangan berkas itu. Tapi hingga saat ini belum juga dilengkapi. Jadi kami belum bisa melakukan survei ke kantor mereka,” ucapnya.

Namun begitu, pihaknya berjanji akan segera melakukan verifikasi ulang pada berkas usulan izin keberadaan Ikatan Pemuda Lampung Indonesia tersebut.

“Ini hanya miss comunication saja, kedepan akan Kita kordinasikan supaya tidak ada lagi miss comunication seperti ini,” ucapnya.

(Krisna).