Beranda Tulang Bawang Barat Bangunan Balai Wartawan PWI Tubaba Bakh Kura Kura,Material Bambu Digarap Kutu Kayu

Bangunan Balai Wartawan PWI Tubaba Bakh Kura Kura,Material Bambu Digarap Kutu Kayu

237
BERBAGI

TUBABA, (Radarnews.id) -Tampak dari angkasa bangunan Kantor Balai Wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) sangat Megah juga terunik se Indonesia. Bakh menyerupai Punggung Hewan Kura-kura.

Bangunan yang telah menelan anggaran cukup fantastis itu nyaris mencapai angka Rp.1 Miliar, atau secara rinci Rp.888.170.000 yang menggunakan  sumber Anggaran Pembadapan Belanja Daerah (APBD) Tubaba Tahun 2019 lalu, pada (4/1/2020).

Tentunya, pengerjaan bangunan tersebut dilakukan oleh pihak kontraktor yang sangat profesional dibidangnya. Menggunakan CV.Traco Perdana. Dengan No kontrak 600/61/ kontrak/ PU/ Tubaba /IX/2019.

Upaya menjaga mutu kualitas bangunan, pihak kontraktor mendatangkan material bahan bambu langsung dari pulau jawa yogyakarta, berikut tenaga ahli di bidangnya.

“Semua bahan bambu ini sudah melalui tahapan proses pengolahan, dari perendaman, penjemuran dan tentunya bambu yang digunakan sudah cukup tua yang mampu bertahan puluhan tahun lamanya.” Demikian diucapkan satu diantara pekerja saat dijumpai radarnews.id di lokasi beberapa bulan lalu.

Namun tentunya, bahan material yang didatangkan pihak kontraktor dari yogyakarta tidak dapat mencukupi kebutuhan bangunan, karena material imfotr itu hanya bambu besar (bambu betung) saja, sementara material yang menggunakan bambu kecil mereka memakai dari lokalan Lampung.

Menurut banyak pihak, berbagai pertanyaan terkait bangunan yang notabene menggunakan bahan material Bambu 99 persen itu. Apakah mampu bertahan lama hingga puluhan tahun ataukah tidak. Karena nyaris seluruh bahan material dari berbagai jenis Kayu dan Bambu itu menjadi incaran Kutu kayu.

“Ini material bambu kecil nya sudah ada yang dimakan kutu kayu, bagaimana bisa lama. Apalagi inikan baru selesai dikerjakan.” Kata sumber yang enggan disebutkan namanya. (R).