Beranda Jakarta Olah Raga Bersama Paskhas

Olah Raga Bersama Paskhas

125
BERBAGI

Jakarta, (Radar News) -Meskipun cuaca pagi ini cukup mendung dan disertai rintik hujan, tidak menyurutkan semangat Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin untuk tetap berolahraga jalan pagi yang rutin dilakukannya sebanyak lima kali dalam seminggu usai sholat subuh. Pagi ini, pelaksanaan olah raga bertempat di Ksatrian Wing I Pasukan Khas (Paskhas), Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jum’at (10/1/2020).

Setibanya di Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara atau disingkat Korpaskhasau, Wapres dan Ibu Wury Ma’ruf Amin disambut langsung oleh Komandan Korps Pasukan Khas (Dankorpaskhas) Marsekal Muda TNI Eris Widodo Y.

Olah raga diawali dengan pemanasan dan dilanjutkan dengan jalan sehat bersama. Wapres beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin didampingi Dankorpaskhas bersama Ibu Eris Widodo melaksanakan start dari Markas Wing I Paskhas berjalan mengelilingi Ksatrian dan melewati beberapa satuan Paskhas, di antaranya Yonko 467 Paskhas, Denmatra I Paskhas dan Denhanud 471 Paskhas.

Bersamaan dengan kegiatan jalan santai ini, Wapres dan Ibu Wury Ma’ruf Amin juga berkesempatan menyaksikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan satuan Paskhas, antara lain terjun payung Free Fall dan olahraga ketangkasan. Kegiatan di akhiri dengan foto bersama di Shelter Denhanud 471 Paskhas, yang dilanjutkan penulisan pesan Wapres kepada Prajurit Baret Jingga (sebutan lain dari Paskhas).

Adapun pesan yang dituliskan Wapres yaitu “Kalian adalah Ksatria Baret Jingga. Tanamkan kebanggan dalam jiwa. Lakukan pengabdian dengan tanpa pamrih. Jadilah benteng pertahanan dan keutuhan NKRI, hormat bangga Komando, demikian pesan yang ditulis oleh Bapak Wapres RI kepada Prajurit Paskhas”.

Sebagai informasi, Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara merupakan pasukan yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Paskhas adalah satuan tempur darat berkemampuan tiga matra, yaitu udara, laut, darat.

Tugas dan tanggung jawab Korpaskhas sama dengan pasukan tempur lainnya, yaitu sebagai satuan tempur negara, namun yang membedakannya ialah dari semua fungsi paskhas sebagai pasukan pemukul NKRI yang siap diterjunkan di segala medan baik hutan, kota, rawa, sungai, laut untuk menumpas semua musuh yang melawan NKRI.

Paskhas mempunyai ciri khas dengan tugas tambahan yang tidak dimiliki oleh pasukan lain yaitu Operasi Pembentukan dan Pengoperasian Pangkalan Udara Depan (OP3UD) yaitu merebut dan mempertahankan pangkalan, untuk selanjutnya menyiapkan pendaratan pesawat dan penerjunan pasukan kawan.(efrizal)