Beranda Daerah Sertijab 5 Kepala Kampung, Bupati Way Kanan Menggunakan Bahasa Daerah

Sertijab 5 Kepala Kampung, Bupati Way Kanan Menggunakan Bahasa Daerah

172
BERBAGI

Way Kanan, (Radar News) -Serah Terima Jabatan 5 Kepala Kampung kepada 5 Penjabat Kepala Kampung Kp.bima sakti kecamatan. Negeri besar, Rabu (15 januari 2020).

Dalam kesempatan itu Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya memberi sambutan Dengan Menggunakan Bahasa Lampung Way Kanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Way Kanan Nomor 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Way Kanan setiap Hari Rabu sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.Tuturnya.

Masih di katakannya, Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan Selamat Kepada Saudara-saudara yang dilantik menjadi Penjabat Kepala Kampung pada tanggal 7 Januari minggu lalu, dan pada hari ini dilakukan serah terima jabatan dari kepala kampung yang lama kepada saudara-saudara. Mudah-mudahan Saudara-saudara menjadi penjabat kepala kampung membawa berkah bagi masyarakat di Kampung yang saudara-saudara pimpin.

Beberapa tahun terakhir pemerintah menggelontorkan dana milyaran kesetiap desa/kampung yang dikenal dengan sebutan ADD/ADK untuk dikelola oleh pemerintah desa, disertai dengan aturan sebagai landasan untuk menjalankan anggaran besar itu. Saat ini tengah menjadi sorotan berbagai kalangan baik itu dari masyarakat, penggiat anti korupsi, aparat penegak hukum dan pihak-pihak lainnya termasuk dari pemerintah daerah.

Perlu saudara-saudara ketahui tujuan penyaluran dana besar bagi pemerintahan desa/kampung dimaksudkan sebagai langkah dan upaya pemerintah dalam mengimplementasikan Nawacita Presiden Joko Widodo yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Bupati Way kanan Raden Adipati Surya Berharap kepada Penjabat Kepala Kampung sebagai berikut: Pertama, agar-saudara-saudara menunjukan sikap teladan terhadap masyarakat baik itu tingkah laku maupun perbuatan. Hindari sikap tercela seperti arogan, penyalahgunaan Narkoba, dan tidak peduli terhadap persoalan yang dihadapi oleh masyarakat.
Kedua, sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Kampung, Kepala Kampung dan BPK merupakan mitra, untuk itu Saudara-saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di kampung.
Ketiga, dalam rangka pelaksanaan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Way Kanan melalui Alokasi Dana Desa/Kampung (ADD/ADK), agar Kepala Kampung dan BPK dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan ADD/ADK, sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dan pengelolaannya dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, Keempat, agar kiranya Saudara menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di Kampung baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat kampung secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian kampung baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam kerangka membantu Pemerintah Kabupaten Way Kanan mewujudkan Visi yaitu Way Kanan dan Maju Berdaya Saing.

Tak lupa Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada kepala kampung dan seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan yang telah mendukung pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan. Alhamdulilah angka kemiskinan dari tahun ke tahun terus menurun. Berdasarkan data dari BPS Way Kanan tahun 2015 angka kemiskinan mencapai 14,61 persen, tahun 2016 turun menjadi 14,58 persen, tahun 2017 turun lagi menjadi 14,06 persen dan tahun 2018 turun lagi menjadi 13,52 persen.

Untuk di ketahui Kabupaten way kanan Dalam melaksanakan pembangunan pada tahun 2018 lebih dari 23 penghargaan yang kita raih. Pada tahun 2019 ini kembali beberapa program unggulan yang kita laksanakan yang juga meraih sejumlah penghargaan, diantaranya:
Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu; Pengelolaan kebersihan dan lingkungan perkotaan telah diapresiasi dengan penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.ungkap Raden Adipati.

Bisa dikatakan Kita sudah Berhasil menjadi daerah yang telah 100 persen stop buang air besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Way Kanan sekaligus menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 22 Maret 2019

Mengenai Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai menggeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.Ucap

Sehingga dapat Menerima WTP untuk ke-9 kalinya. dan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu. Serta Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Way Kanan, bertempat di auditorium Swabessy gedung Prof Sujudi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, tanggal 2 Oktober 2019.

Tambahnya, kita juga mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2019 untuk Kabupaten Way Kanan dengan nilai tertinggi dari seluruh Kabupaten/kota seluruh Indonesia, diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, tanggal 19 November 2019 kemarin, bertempat di Gedung Sasana Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat.

Tak Lupa saya ucapkan Selamat Bekerja Kepada Penjabat Kepala Kampung yang baru melaksanakan Sertijab, dan saya ucapkan terima kasih atas pengabdian kepala kampung dan Ketua Tim Penggerak PKK Kampung yang telah berakhir masa jabatannya.

Mudah-mudahan segala bentuk pengabdian saudara-saudara dicatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan berkah dari Allah SWT, amin.Tutup Raden Adipati.(Red).