Beranda Pemerintah PEMKAB HUMBANG HASUNDUTAN ADAKAN ACARA SYUKURAN TAHUN BARU 2020

PEMKAB HUMBANG HASUNDUTAN ADAKAN ACARA SYUKURAN TAHUN BARU 2020

269
BERBAGI

Humbahas , (Radar News) -Jumat, 17/01/2020 Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan acara syukuran Tahun Baru yang dilaksanakan di Bukit Inspirasi Dolok Sanggul. Syukuran ini dihadiri oleh Forkopimda, tokoh agama, adat, OKP, ASN di Kabupaten Humbang Hasundutan dan juga dimeriahkan oleh artis ibu kota Sanga Pajumpa Band.

Acara Syukuran Tahun Baru 2020 ini diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt. Poltak Pakpahan, S.Th dan doa syafaat oleh Pdt. Ganda Aritonang, S.Th.

Dalam khotbahnya, Pdt. Renova J. Sitorus, S.Th.  semua masyarakat Humbang Hasundutan untuk tetap rukun dan damai sebagaimana dalam thema syukuran tahun baru.”Sungguh, alangkah baiknya dan indahnya, apabila saudara-saudara diam bersama dengan rukun” (Mazmur 133 : 1). Dalihan Na Tolu, juga sejalan dengan thema ini, ‘Somba Marhula-hula, Elek Marboru, Manat Mardongan Tubu’ (hormat kepada keluarga laki laki dari pihak istri atau ibu, saling mengasihi kepada kelompok orang dari saudara perempuan kita, lebih berhati-hati pada serumpun marga kita.

Pdt. juga tak lupa menyampaikan, jika  ada kesalah pahaman terhadap hula-hula kita, maka kita bisa meminta maaf, kita bisa membawa…(serempak hadirin menjawab juhut/ daging babi), kalau salah paham kepada boru kita, maka kita bisa minta maaf, kita bisa membawa..(dekke/ikan mas), lalu kalau kita salah paham kepada dongan tubu…(hadirin diam), ya…. Makanya, harus manat mardongan tubu. Alangkah baiknya dan indahnya, apabila kita bersama sama rukun dan damai.

Sementara itu, Sekda Humbahas Drs. Tonny Sihombing.SIP menyampaikan laporan tertulisnya bahwa syukuran ini adalah demi untuk mempererat tali asih dan rasa persaudaraan diantara umat beragama dan pemerintah bersama dengan masyarakat.

Dalam sambutan kali ini , Saut Parlindungan Simamora ( wakil bupati) menyampaikan sambutannya, bahwa acara syukuran tahun baru untuk masyarakat Batak merupakan hari yang sangat spesial, ini semua dikarenakan  pada saat tahun barulah kita bisa bertemu dengan keluarga, sanak saudara, dan saat tahun barulah ada rasa haru, tangis dan suka cita. Semua ini patutlah kita mengucap syukur kepada Tuhan karena kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati tahun 2020 dengan penuh suka cita. Begitu juga dalam sambutan yang disampaikan oleh bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor,SE kita diberikan Tuhan karunia dalam kurun waktu 1 (satu) tahun pada tahun 2019 dan bisa kita bertemu saat ini untuk mengucap  syukur bersama sama di tahun 2020. 

Ditambahkan Bupati, juga selama 4 (empat) tahun sejak dilantik, untuk menjadi bupati dan wakil bupati  Humbahas, banyak yang sudah kita kerjakan bersama-sama dengan forkopimda dan juga dengan masyarakat Humbahas, maka dengan ini saya mengajak seluruh yang hadir saat ini untuk menyaksikan tayangan video ini

Dalam hal ini bupati  juga menekankan tanyangan ini hanya sedikit dari apa yang sudah kita kerjakan, diantaranya pembangunan jalan selama kurun 4

(empat) tahun ini jalan hotmix 177.745 meter belum lapen, perkerasan dan pembukaan jalan, maka dalam kurun waktu 4 (empat) tahun banyak yang telah kita rasakan diantaranya melalui pertumbuhan ekonomi mencapai 5,4%, penurunan angka kemiskinan dari 9,78% menjadi 8,75% dan penurunan pengangguran terbuka dari 1,22% menjadi 0,34%. Hal ini beberapa capaian kinerja Pemkab Humbang Hasundutan ditanyangkan dalam video dengan durasi lebih kurang 10 menit.

Sebelumnya, Kajari Humbang Hasundutan, Iwan Ginting, SH, MH mewakili fokopimda bersama sama berdiri di podium mewakili Kapolres Humbahas dan Dandim 0210/TU menyampaikan selamat Tahun Baru kepada masyarakat Humbang Hasundutan seraya mengajak agar hidup rukun dan bersama-sama untuk kemajuan Humbang Hasundutan.

Bishop GKLI, Pdt. Esra Sinaga mewakili masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama menyampaikan berkat Tuhan dengan kerukunan yang utuh pada masyarakat Humbang Hasundutan untuk mengawali tahun 2020. Mari tinggalkan yang lama dan hidup dengan ciptaan baru. (b.n)