Beranda Daerah Populasi  Manok Q Tubaba Makin Berkembang, Warga Penerima Mantra Kebagian.

Populasi  Manok Q Tubaba Makin Berkembang, Warga Penerima Mantra Kebagian.

174
BERBAGI

TUBABA  (RADAR NEWS)–Konon dari cerita orang sejak lama, Badan Usaha Milik Tiyuh (BUMT) yang didaulat Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) sebagai Manok Q, sedikit mengalami penurunan produksi yang berdampak pada pengembangan ayam tersebut.

Namun seiring berjalannya waktu, usaha BUMT Tubaba ini kini semakin produktif dalam pengembangan produksi anak ayam Day Old Chick (DOC). Dimana telah mampu mengembangkan anak ayam hingga dewasa.

Seperti dikutip dari penyampaian Asisten I bidang Pemerintahan Agus Subagio, saat di jumpai radarnews.id di ruangkerjanya pada (28/1/2020) sekitar pukul 11.13 WIB. Ayam yang dibagikan oleh Dinas Sosial (Dinsos) sejumlah empat ribu ekor itu berasal dari BUMT, yang dibeli oleh Pemerintah Daerah Tubaba. Dengan maksud, akan disalurkan kepada masyarakat penerima Mantra pada dua Kecamatan, yakni Lambu Kibang dan Way Kenanga.

“Ayam tersebut dibeli dengan anggaran Pemerintah Daerah, kurang lebih 15 ribu per ekor.” Ungkap Agus.

Lanjut dia, sejauh ini pihaknya kurang paham secara mendalam bagaimana perkembangan BUMT tersebut, namun yang jelas selain ayam itu diperoleh pemkab dengan cara membeli dengan mereka, usaha manok Q ini kembali berangsur pulih.

“Mengapa saya katakan berangsur pulih, karena sebelumnya kami juga telah membeli dengan mereka sebanyak seribu ekor ayam ukuran 1 Kg, yang dibagikan ke OPD saat tahun baru, jadi total lima ribu ekor yang kita beli, empat ribunya ini yang dibagikan ke masyarakat.”  Imbuhnya. (R).