Beranda Daerah Dampak Kabut Asap, Sebanyak 21 Ribu Kasus Penyakit ISPA Terjadi Di Sijunjung...

Dampak Kabut Asap, Sebanyak 21 Ribu Kasus Penyakit ISPA Terjadi Di Sijunjung Selama 2019

177
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RadarNews) -Selama tahun 2019 lalu, lebih dari 21 ribu masyarakat di Kabupaten Sijunjung terdampak penyakit infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA. Jumlah tersebut menjadi penyakit terbanyak yang diderita masyarakat, dan menempati posisi pertama dari sepuluh jenis penyakit terbanyak di Kabupaten Sijunjung pada tahun kemarin.

Banyaknya kasus ISPA yang terjadi disebabkan oleh dampak kabut asap yang melanda sejumlah daerah di Sumbar, termasuk Kabupaten Sijunjung yang terdampak cukup parah akibat kebakaran hutan dan lahan selama tahun 2019.

Selain itu karena secara geografis Kabupaten Sijunjung berbatasan langsung dengan Provinsi Riau, yang mana menjadi salah satu pusat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung mencatat sebanyak 21.521 kasus penyakit ISPA yang terjadi selama 2019. “Setidaknya dari 10 jenis penyakit terbanyak pada tahun lalu, penyakit ISPA yang paling banyak terjadi,” tutur Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung, drg.Ezwandra, M.Sc.
Pihaknya menjelaskan bahwa salah satu faktor penyebab meningkatnya kasus penyakit ISPA dikarenakan kabut asap yang melanda, dan Sijunjung merupakan salah satu Kabupaten di Sumbar yang terdampak cukup parah. “Salah satunya karena kabut asap yang cukup parah kemarin, sehingga banyak masyarakat yang terindikasi ISPA,” jelasnya, Senin (27/1).

Sebelumnya, kondisi kualitas udara di Sijunjung akibat kabut asap sampai menempati kategori tidak sehat. Sehingga pemerintah daerah sempat beberapa kali meliburkan sekolah pada semua jenjang pendidikan dan mengimbau untuk mengurangi aktifitas diluar ruangan untuk mencegah dampak gangguan kesehatan.

Selain itu, kegiatan sosial bagi-bagi masker juga dilakukan diberbagai daerah di Kabupaten Sijunjung mulai dari lembaga pemerintahan tingkat kabupaten hingga nagari, serta organisasi masyarakat lainnya yang peduli terhadap bahaya dari dampak kabut asap yang melanda. (the)