Beranda Sumatra Barat Cegah Longsor, Koramil 03/Pulaupunjung Tanam Akar Wangi Di Sepanjang Tebing Lintas Sumatra

Cegah Longsor, Koramil 03/Pulaupunjung Tanam Akar Wangi Di Sepanjang Tebing Lintas Sumatra

220
BERBAGI

DHARMASRAYA, (RadarNews) -Jajaran Koramil 03/Pulaupunjung yang dipimpin langsung oleh Danramil 03/PP Mayor Caj (K) Tuti Andayani bersama perangkat Nagari dan masyarakat Nagari Sungai Kambut Kecamatan Pulau Punjung Kabuaten Dharmasraya melaksanakan giat penanaman Akar Wangi (Vertiver) di sepanjang tebing yang berada dipinggir jalan lintas Sumatera Km 5 tepatnya di Jorong Sungai Nili Nagari Sungai Kambut pada Rabu (5/2).

Danramil 03/PP Mayor Caj (K) Tuti Andayani menyebutkan penanaman Akar Wangi (Vertiver) ini dilakukan guna mencegah terjadinya longsor di sepanjang tebing yang ada di wilayah teritorial Makramil 03/PP.

“Giat ini kita lakukan bersama masyarakat dan perangkat nagari Sungai Kambut,” ujar Danramil 03/PP Mayor Caj (K) Tuti Andayani kepada radarnews.id pada Rabu (5/2) di Lokasi penanaman Akar Wangi.

Mayor Caj (K) Tuti menjelaskan bahwa pohon akar wangi ini dapat mengantisipasi bencana tanah longsor. Makanya penanaman perdana dilakukan di Nagari Gunung Selasih, karena daerah ini rawan longsor, baik tebing di samping kiri dan kanannya hari hujan.

Katanya, dipilihnya akar wangi sebagai tanaman yang bisa mengantisipasi longsor, berdasarkan pengamatan karena memiliki akar yang cukup panjang 2 sampai 6 meter dan sangat kuat.

“Akar Wangi ini kuat, bahkan diketahui bisa menahan hingga bobot 8 Ton, dan tanaman ini sangat sulit dicabut sehingga akan berfungsi menahan tanah,” ujarnya

Selain untuk mitigasi (penahan tanah) dan bencana longsor, tanaman ini tidak sulit merawatnya dan akarnyapun punya nilai ekonomis yang digunakan sebagai bahan pewangi, daunnya dapat dimakan oleh ternak.

“Kita akan berupaya mensosialisasikanya kepada masyarakat. Untuk tanaman yang sudah ditanam juga diimbau masyarakat setempat bisa merawat dan menjaganya,” pungkasnya

Terpisah, Roni (36) warga Pulau Punjung mengucapkan terima kasih kepada anggota Koramil 03/Pulaupunjung dan Kodim 0310/SS yang telah memprakarsai kegiatan penanaman akar wangi di sepanjang tebing yang ada di jalan lintas sumatra.

“Ini perlu ditiru oleh semua pihak terkait, karena telah mengupayakan pencegahan longsor yang sudah sering terjadi di Dharmasraya,” ujar Roni kepada radarnews.id pada Rabu (5/2)

Katanya, sejak dua tahun terakhir, tingginya curah hujan menyebabkan longsor terjadi di Dharmasraya. Bahkan sejak akhir tahun 2019 hingga awal januari 2020 ini, sudah tejadi 3 kali longsor di tempat yang ditanami akar wangi kali ini.

Ia berharap, dengan adanya penanaman ini dapat mencegah wilayah kita dari bencana longsor.

“”Ini sangat bermamfaat dan semoga dapat melindungi kita dari bencana, sekali lagi terima kasih kepada jajaran TNI yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” pungkasnya. (Ard).