Beranda Daerah AKSI UNJUK RASA OLEH PC SPAI FSPMI KOTA SURABAYA DI OUTLET MPEK...

AKSI UNJUK RASA OLEH PC SPAI FSPMI KOTA SURABAYA DI OUTLET MPEK MPEK FARINA KOTA SURABAYA

277
BERBAGI

Kota Surabaya, (RadarNews) -Pada hari Jum’at tanggal 07 Pebruari 2020 pukul 13.45 s.d 15.10 WIB, bertempat di Outlet Mpek Mpek Farina (PT. Primaboga Nusantara Inti) Jl. Rungkut Asri Barat Blok Xll No. 13 Kec. Rungkut dan Outlet Mpek Mpek Farina Jl. Nginden No. 86 Kel. Baratajaya Kec. Gubeng Kota Surabaya, telah dilaksanakan aksi unjuk rasa oleh 20 orang dari PC SPAI FSPMI (Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Aneka Industri Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) Kota Surabaya dipimpin Sdr. Agus Supriyanto (Ketua PC SPAI FSPMI Kota Surabaya), dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut :

1. Pukul 13.45 WIB, massa tiba di Outlet Mpek Mpek Farina Jl. Rungkut Asri Barat Blok Xll No. 13 Kec. Rungkut kota Surabaya dengan menggunakan 1 unit mobil Komando dan sepeda motor.

2. Adapun tuntutan massa yaitu :

a. Hentikan mutasi pekerja yang membentuk Serikat Pekerja.
b. Bayar upah yang layak bagi pekerja sesuai aturan hukum yang berlaku.
c. Berikan hak jaminan sosial kepada seluruh pekerja PT. Primaboga Nusantara Inti.
d. Berikan hak-hak normative lainnya kepada pekerja PT. Primaboga Nusantara Inti.

3. Pukul 13.50 WIB, massa melakukan orasi yang intinya :

a. Meminta agar gaji Karyawan PT. Primaboga Nusantara Inti dinaikkan yang selama ini hanya Rp. 1.200.000,- karena sangat jauh dari UMK yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

b. Meminta kepada PT. Primaboga Nusantara Inti agar hak-hak pekerja terpenuhi sesuai dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku.

4. Pukul 13.55 WIB, massa bergeser menuju Outlet Mpek Mpek Farina Jl. Nginden No. 86 Kel. Baratajaya Kec. Gubeng Kota Surabaya.

5. Pukul 14.10 WIB, massa tiba di Outlet Mpek Mpek Farina Jl. Nginden No. 86 Kel. Baratajaya Kec. Gubeng Kota Surabaya, selanjutnya massa melakukan orasi yang intinya :

a. Kami datang ke Outlet Mpek Mpek Farina di Rungkut tutup dan di Outlet Mpek Mpek Farina Medan juga tutup, nanti kami berbicara dengan siapa dan mau ketemu dengan siapa.

b. Upah yang layak adalah Rp. 3.000.000,- tetapi kenyataannya yang ada di Outlet Mpek Mpek Farina hanya Rp. 1.200.000,- sehingga sangat jauh dari UMK yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

c. Sampai detik ini dari Outlet Mpek Mpek Farina tidak ada niat atau itikat baik kepada pekerja dalam menyelesaikan kekurangan gaji buruh, maka minggu depan akan kita datangi kembalo outlet-outlet yang ada di Kota Surabaya.

d. Kami melakukan aksi ini karena dengan adanya PHK sepihak terhadap 5 orang dan mutasi terhadap 3 orang karyawan oleh Outlet Mpek Mpek Farina dan kita akan terus melakukan aksi disini sampai tuntutan terpenuhi.

6. Pukul 15.10 WIB, aksi unjuk rasa selesai, selanjutnya massa membubarkan diri dengan tertib dan aman.

PENDAPAT PELAPOR :

– Bahwa aksi unjuk rasa oleh PC SPAI FSPMI Kota Surabaya di Outlet Mpek Mpek Farina (PT. Primaboga Nusantara Inti) Kec. Rungkut dan Kec. Gubeng Kota Surabaya dalam rangka meminta kepada PT. Primaboga Nusantara Inti agar hak-hak pekerja terpenuhi sesuai dengan UU Ketenagakerjaan yang berlaku.(efrizal).