Beranda Daerah Dengan Dana Desa Kampung Mekar Jaya Sukses Membangun,Berikut Rinciannya..

Dengan Dana Desa Kampung Mekar Jaya Sukses Membangun,Berikut Rinciannya..

201
BERBAGI

Tulang Bawang, (RadarNews) -Dana Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat,hak asal usul dan/atau hak tradisional yang di akui dan hormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatria Republik Indonesia.Rabu (12/2)

Sedangkan Dana Desa (DD) adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang diperuntukkan bagi desa, ditransfer melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintah, pembangunan serta pemberdayaan masih.

Adanya kucuran dana yang diberikan pemerintah melalui program Dana Desa maupun alokasi dana desa tersebut mendapatkan dukungan positif dari masyarakat juga semangat pemerintah desa untuk terus membangun berbagai fasilitas yang tentunya menjadi skala prioritas yang mendesak dibutuhkan warga.

Seperti Tahun 2019 yang lalu Kampung Mekar Jaya kecamatan Banjar Margo kabupaten Tulang Bawang, kembali mendapatkan kucuran dana dengan Jumlah total Rp:1.168.711.500.
Pendapatan Asli Desa (PAD) Rp:2.500.000.
Bantuan kabupaten Rp:60.000.000.
Yang mana pendapatan tersebut terdapat beberapa rincian seperti yang telah disusun dalam APBKampung tersebut.
Dana Desa (DD) Rp:786.311.500
Anggaran Dana Desa (ADD) Rp:382.400.000.
PAD Rp:2.500.000.
BK Rp:60.000.000.
Jumlah belanja :
Penyelenggaraan Pemerintah Desa Rp:391.535.450.
Pelaksanaan Pembangunan Desa Rp:496.243.950.
Pembinaan Masyarakat Rp:176.958.262.
Pemberdayaan Masyarakat Rp:166.480.300.

Dalam Pelaksanaan Pembangunan Kampung Seperti Pembuatan MCK, Gorong-gorong, Drainase, Pembukaan Jalan,Sumur bor,Sekrap Badan Jalan,Taman bermain,Pagar balai kampung, Gedung PAUD dan Gapura balai kampung.
Dalam Pelaksanaan Pemberdayaan yang meliputi berbagai macam bidang, seperti:Bidang Kesehatan, Bidang Kepemudaan,bidang PKK dan Bidang-bidang lainnya.

Kepala Kampung Mekar Jaya YUSWAN mengatakan, adanya program Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa kami sangat terbantu,sebab melalui Dana Desa tersebut berbagai fasilitas umum dapat dibangun,tentu hal sedemikian dapat membantu perekonomian warga.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat maupun daerah atas kucuran dana yang diberikan melalui Dana Desa tersebut,berbagai fasilitas umum dapat dibangun,tentu dana yang dikelola akan semaksimal mungkin kami gunakan sebagaimana mesti dan segala program yang kami laksana itu semua sesuai dengan keinginan dan usulan masyarakat melalui musyawarah bersama.”Ucap YUSWAN.(Rachmad).