Beranda Daerah Monitoring/Pengawasan Kedatangan Penerbangan Internasional Terkait Antisipasi Masuknya Penyebaran Wabah Virus Corona Via...

Monitoring/Pengawasan Kedatangan Penerbangan Internasional Terkait Antisipasi Masuknya Penyebaran Wabah Virus Corona Via Pesawat Air Asia di Bandara Int Sultan Hasanuddin Makassar

124
BERBAGI

Makasar, (RadarNews) -I. Pada tanggal 11 Februari 2020 pukul 11.09 s.d. 12.10 Wita bertempat di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Intl Sultan Hasanuddin, telah dilaksanakan monitoring / pengawasan kedatangan penerbangan internasional maskapai pesawat Air Asia Nopen AK-330 dari Kuala Lumpur sebanyak 138 penumpang.
Terkait pencegahan dan antisipasi masuknya penyebaran wabah Pneumonia (dari Cina) yang disebabkan oleh Virus Corona dari kemungkinan adanya penumpang yang mengalami/ terjangkit wabah Pneumonia yang datang dari Luar negeri, dengan itu pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara melakukan pemeriksaan kepada para penumpang secara ketat dengan menggunakan alat Thermal Scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia, yg apabila ditemukan penumpang dengan suhunya lebih dari 38 derajat celcius maka akan di cek ulang suhu tubuh melalui observasi dan Body Clean Disinfection Health Quarantine, selanjutnya diarahkan kedalam ruangan karantina untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

II. Data Pesawat, sbb :

1. Pesawat : Air Asia

2. Aircraft Type : A320-251N

3. Flight No. : AK-330

4. Registrasi : 9M-AGK

5. Route : KUL-UPG

6. Pilot In Comand (PIC) : Aaron Tan Wei Ren

7. Total Pax : 138 orang dengan rincian 124 dewasa, 12 anak-anak, 2 infant

III. Adapun dapat dilaporkan, sbb :

1. Pukul 11.09 Wita, pesawat Air Asia Nopen AK-330 tiba di Bandara Int Sultan  Hasanuddin, selanjutnya Menuju ke Apron Parkir Stand nomor 9 untuk melaksanakan proses parkir.

2. Pukul 11.15 Wita, para penumpang keluar pesawat menuju ke Terminal kedatangan Internasional dengan melewati alat Thermal Scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia milik pihak KKP Bandara.

3. Pukul 11.18 Wita, para penumpang lainnya menuju ke Counter Imigrasi dengan menunjukkan dokumen yang terkait keimigrasian pribadi yaitu pasport dan visa.

5. Pukul 11.32 Wita, para penumpang menuju ke conveyor bagasi untuk mengambil bagasi masing-masing.

6. Pukul 11.35 Wita, para penumpang menuju ke pemeriksaan oleh pihak Bea dan Cukai untuk dilakukan pemeriksaan barang menggunakan mesin X-Ray, selanjutnya keluar menuju terminal kedatangan domestik

7. Pukul 12.10 Wita, para penumpang mulai meninggalkan Bandara Int Sultan Hasanuddin menuju tujuannya masing-masing.

8. Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman dan lancar.(Efrizal).