Beranda Daerah Kegiatan Pembangunan Sijunjung Dibahas Dalam Konsultasi Publik

Kegiatan Pembangunan Sijunjung Dibahas Dalam Konsultasi Publik

145
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RadarNews) -Untuk menyempurnakan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Sijunjunh pada tahun selanjutnya, Badan Perencanaan Pembangunan dan Pengembangan Daerah (BAPPPEDA) menggelar kegiatan konsultasi publik bersama sejumlah elemen masyarakat. Kegiatan itu bertujuan untuk menampung masukan dan aspirasi masyarakat tentang kegiatan pembangunan oleh pemerintah daerah.

Setidaknya sebanyak 150 peserta dari berbagai unsur yang ada di Kabupaten Sijunjung mengikuti rapat konsultasi publik di Balairung Lansek Manih kantor bupati pada, Rabu (12/2) kemarin.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin tersebut juga dihadiri oleh para pimpinan OPD, camat, walinagari, tokoh masyarakat, dan organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Kepala Bapppeda Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si. menyebutkan, rapat konsultasi publik tersebut membahas penyusunan rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021 dalam rangka penyempurnaan dokumen RKPD.

“Pada konsultasi publik itu juga dibahas dasar hukum penyusunan RKPD dan tujuan pembangunan daerah Kabupaten Sijunjung. Termasuk soal Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga dibahas bersama pada kegiatan itu,” terangnya.

Selain itu pertumbuhan ekonomi hingga masalah jumlah penduduk miskin juga dibahas. Bahkan perkembangan infrastruktur seperti jalan sejak 2014 hingga 2018 juga menjadi pembahasan.

“Konsultasi publik itu membahas tentang arah kebijakan dan program prioritas RKPD Kabupaten Sijunjung dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Sijunjung yang sejahtera, berkualitas berakhlak mulia dan religius sesuai dengan visi dan misi RPJMD 2016-2021 (Perda No 1 Tahun 2018),” katanya.

Konsultasi publik kali ini mengusung tema “Peningkatan Kualitas SDM untuk Pengembangan Potensi Daerah Berwawasan Lingkungan, Didukung Infrastruktur dan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik”, dengan cara mendengarkan saran dan masukan dari berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut.

“Ini adalah rangkaian kegiatan RPJMD tahun kelima 2016-2021. Kita bersyukur SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) kita bergeser dari CC jadi B. Ini menunjukan indikator kinerja pemerintahan kita cukup baik dan ada peningkatan dari sebelumnya,” jelasnya. (the)