Beranda Daerah Pada Kegiatan Musrenbang Peran Aktif Semua Pihak Dibutuhkan Untuk Kemajuan Pembangunan Daerah.

Pada Kegiatan Musrenbang Peran Aktif Semua Pihak Dibutuhkan Untuk Kemajuan Pembangunan Daerah.

179
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RadarNews)-Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Sijunjung terus mendorong pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan guna mempertajam usulan program dari tingkat nagari menjelang pembahasan rencana kerja pemerintah daerah.

Setelah sebelumnya Musrenbang di tingkat Kecamatan lainnya juga telah dilakukan, dan pada hari Selasa (25/2) Musrenbang di Kecamatan Sumpur Kudus pun digelar guna menampung usulan dan aspirasi masyarakat untuk pembangunan ditingkat Kabupaten.

Kegiatan yang dibuka Staf Ahli Bupati, Masharianto di UDKP kantor camat setempat, Selasa (25/2). Dan dihadiri oleh Kepala Bapppeda Benny Dwifa Yuswir, Camat Sumpur Kudus, Forkopimcam, Kepala OPD, Wali Nagari, Kepala Jorong, Kepala Sekolah, tokoh adat dan elemen masyarakat setempat.

Musrenbang RKPD Kecamatan merupakan wadah bagi seluruh pemangku kepentingan untuk duduk bersama, berdiskusi, merumuskan, membahas kegiatan prioritas yang di usulkan nagari/desa untuk pembangunan pada tahun selanjutnya.

Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir menyampaikan, kunci dari Musrenbang adalah kebersamaan antar pemangku kepentingan nagari/desa, dalam mencapai program strategis di kecamatan itu sendiri.

“Tujuan Musrenbang kecamatan itu untuk membahas daftar usulan RKP hasil Musrenbang masing masing nagari, untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan nagarai/desa yang ada di kecamatan tersebut,” ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, kegiatan prioritas yang telah dihasilkan pada Musrenbang RKPD tingkat kecamatan ini, akan menjadi rencana kerja pemerintah daerah untuk 2021 melalui tahapan forum OPD yang akan di laksanakan di tingkat Kabupaten nantinya, tambah Benny.

Sementara itu, Staf Ahli Masharianto menyebutkan bahwa Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan tahapan kedua dari siatem perencanaan pembangunan setelah pelaksanaan musrembang nagari.

“Dimana dalam forum ini akan dibahas usulan program dan kegiatan yang akan dibawa ke forum perangkat daerah dan Musrembang RKPD Kabupaten dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021 mendatang,” terangnya.

Agar kegiatan yang dilaksanakan tepat sasaran dan menghasilkan program pembangunan yang efektif, pihaknya mengajak agar seluruh unsur ikut berperan aktif.

“Untuk itu diminta kepada kita semua untuk berperan aktif dalam memberikan masukan dan memilih kegiatan yang benar benar dibutuhkan daerah. Dalam penentuan usulan kegiatan skala prioritas tersebut, agar lebih mengedepankan kepentingan bersama untuk kesejahteraan, kemakmuran, dan kemajuan daerah,” pungkasnya. (the).