Beranda Banda Aceh Pemkot Subulussalam Himbau Warga Antisipasi Penularan Virus Corona (covid-19)

Pemkot Subulussalam Himbau Warga Antisipasi Penularan Virus Corona (covid-19)

120
BERBAGI

Subulussalam-Aceh,(RADARNEWS.ID) – Segala upaya pencegahan, terus di lakukan dari pemerintahan pusat, guna untuk menjamin, masyarakat terhindar dari penyakit Wabah virus corona, (COVID-19).

Walikota, dan wakil walikota subulussalam, Beserta kadis kesehatan, kepala RSUD kota subulussalam, kominfo, kadis syariat islam, ikatan dokter indonesia (IDI), dan dinas yang lainnya. Dalam Aula pertemuan pendopo, kota subulussalam. Menghimbau dalam temu pers.

H Affan Afian Bintang, Selaku walikota subulussalam, menyampaikan.

“Masyarakat kota subulussalam dan pejabat Kota Subulussalam, jika tidak ada keperluan atau kepentingan mendesak diharapkan tidak berpergian keluar kota, guna untuk pencegahan penularan wabah virus corona, (covid-19),”

“Masyarakat kota subulussalam diharapkan jangan panik, kita akan sama-sama mencegah penularan wabah virus covid-19 ini,”

“Tetap jaga kebersihan, cuci tangan, bila keluar rumah jangan lupa pakai masker,”

“Jika ada pihak keluarga yang terkena gejala seperti flu, batuk, mual, tenggorokan sakit, demam tinggi. Segera periksakan ke pusat kesehatan terdekat,” kata Walkot Bintang saat konferensi Pers di Pendopo Wali Kota setempat, Selasa (24/3).

Dalam konferensi Pers itu, Kepala Dinas Kesehatan Munawaroh juga memberikan pernyataan bahwa hingga hari ini, sebanyak 55 orang dikarantina mandiri dan 3 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

“Untuk karantina mandiri sudah berjumlah 55 orang dan Pasien berstatus ODP berjumlah 3 orang, mudah-mudahan 3 Pasien ODP ini tidak naik status menjadi PDP,” Kata Munawaroh.

Dewi sartika selaku direktur Rsud. menjelaskan, seorang tenaga medis RSUD Subulussalam dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh pada (16/03/20) lalu, setelah mengalami gejala seperti batuk, flu dan sesak napas. Diduga pasien terserang covid-19. Selama pasien menjalani perawatan di Banda Aceh, Dewi Sartika aktif menjalin komunikasi dengan petugas medis di RSUDZA untuk memantau perkembangan yang bersangkutan.

Di sambung, melalui Humas Tim TGD, dr. Diana Dewi menyampaikan kesiapan pihaknya dalam penanganan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 apabila ada ditemukan.

Kesiapan RSUD Subulussalam itu disampaikan saat Konferensi Pers yang digelar Pemerintah Kota Subulussalam, di Pendopo Wali kota setempat, Selasa (24/3).

Diana menyampaikan, dalam rangka kesiapan penanganan pasien COVID-19 pihaknya sudah membentuk Tim Gerak Cepat BLUD RSUD kota Subulussalam.

“Kami telah mempersiapkan APD sebanyak 5 , dan akan menyusul 40 pish lagi, kami juga sudah menyiapkan ruang isolasi khusus COVID-19 dengan 4 Bed tanpa ventilator, serta dokter, perawat dan security yang sudah kami latih bagaimana cara penanganan Pasien PDP COVID-19, nanti akan kami siapkan juga obat-obatan khusus bagi pasien PDP COVID-19 ini,” kata dr. Diana Dewi.

(ADB).