Beranda Daerah Anak Petugas Puskesmas Bakung Blitar Jadi PDP Covid 19

Anak Petugas Puskesmas Bakung Blitar Jadi PDP Covid 19

1099
BERBAGI

Blitar, (RADARNEWS.ID) -Anak dari pasangan Yesi dengan Fitri Cahyani dinyatakan PDP, Balita ini baru diketahui PDP setelah dilakukan pemeriksaan di Rumah Sakit swasta di kota Blitar.

Krisna Yekti juru bicara gugus tugas penanganan, penyebaran virus covid- 19 mengatakan, anak ini beberapa hari mengalami demam, batuk dan flu, yang mengarah ke tanda-tanda orang kena gejala awal virus corona (16/04/2020).

“Melihat tanda-tanda tersebut orang tua nya yang juga petugas Puskesmas di Kecamatan Bakung, memeriksakan ke Rumah sakit swasta di Blitar, dan hasil swab dinyatakan PDP.

Pasangan keluarga Yesi Eko Wibowo dengan Novita Fitri Cahyani merupakan orang yang keseharianya bekerja di Puskesmas Kecamatan Bakung, mereka tinggal di Dusun Ngadirejo RT 2 RW Desa Plandirejo Kecamatan Bakung.

Krisna Yekti menjelaskan ststus PDP adalah seseorang yang memiliki gejala panas badan dan gangguan saluran pernapasan. Gangguan saluran pernapasan itu bisa ringan atau berat, serta pernah berkunjung ke atau tinggal di daerah yang diketahui 🤦🏼‍♀️merupakan daerah penularan Covid-19 dan harus di karantina.

“Masarakat tidak usah takut atau cemas dan panik , tetap jaga jarak, jaga kebersihan, hindari kerumunan, dan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,” tegas Krisna Yekti .

Kepala desa Plandirejo Agus Prawito kepada wartawan mengatakan korban punya riwayat kakeknya yang bekerja sebagai tukang bangunan dua pekan lalu pulang dari Jakarta, dimana Jakarta termasuk zona merah.

“Warga yang pulang dari zona merah Jakarta semuanya ada 5 orang termasuk kakek balita ini, mereka semua adalah sebagai penduduk desa Plandirejo,” kata Agus .

Kepala Desa juga menambahkan 5 orang warganya yang tiba 2 April lalu sudah melalui standar protokoler pencegahan penyebaran virus corona, sebagai orang baru pulang dari zona merah, mereka saya suruh cek kesehatan di Puskesmas Bakung, dan langsung isolasi mandiri.

“Jadi mereka begitu datang di posko desa Plandirejo, setelah tes rapid langsung saya arahkan untuk tes kesehatan di Puskesmas Bakung,” jelas Kades.

Sekarang kelima orang ini melakukan karantina mandiri di tempat masing – masing, termasuk keluarga eko yang anak nya positif PDP secara otomatis harus karantina .(Yono).