Beranda Daerah Di tengah Pandemi Covid 19, Kemenag OKUS Percepat Rapat Penentuan Zakat Fitrah

Di tengah Pandemi Covid 19, Kemenag OKUS Percepat Rapat Penentuan Zakat Fitrah

288
BERBAGI

OKU SELATAN, (RADARNEWS.ID) -Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.OKU Selatan H.Syarif,S.Ag,.M.Pd.I didampinggi Kasi Bimas Islam H.Dapik Purnayuda,S.Pd.I,.MM langsung menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kab.OKU Selatan dan sejumlah ormas islam diantaranya Ketua MUI,NU, Muhammadiyah, LDII, Ketua Forpres, Baznas dan Pengurus Masjid Agung Al-Muhtadin.

Rapat yang digelar ini guna menentukan kisaran besaran zakat fitrah tahun 1441 H/2020 M. kegiatan rapat tersebut bertempat di Seketariat Gugus Tugas Covid 19 Pemkab OKU Selatan,Selasa(21/4).

Dalam kesempatan itu Syarif mengatakan, bahwa dilakukannya rapat penentuan kisaran zakat pitrah diawal ramadhan ini untuk mempercepat pembagian zakat kepada mustahik dimasa pandemi virus Corona atau covid-19 serta Surat Edaran ( SE ) Nomor 8 Tahun 2020 tanggal 9 April 2020 tentang percepatan pembayaran dan pendistribusian zakat serta optimalisasi wakaf sebagai jaring pengamanan social dalam kondisi darurat kesehatan Covid 19.
Disamping itu juga Syarif meminta kepada seluruh pengelola zakat nantinya untuk penyerahan kepada mustahik agar tetap menggunakan protokoler yang ada, seperti memakai masker, cuci tangan, fisikal distenting ( jaga jarak ), menghindari kerumanan dan lain-lain. Dan Syarif menyatakan, kepada seluruh pengelola zakat akan mempercepat penyaluran zakat Hal itu dilakukan dalam rangka untuk membantu pemerintah menangani wabah Corona atau Covid-19.

“ Saat ini waktu yang sangat tepat, karena pada sekarang in memang masyarakat sangat membutuhkan uluran tangan dari muzakki-muzakki, karena dengan cara ini masyarakat bisa terbantu,” ungkap Syarif.
Menurut Syarif, kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun untuk menentukan besaran Zakat Fitrah sesuai dengan harga beras di pasaran yang berlaku di Kabupaten OKU Selatan.yang bertujuan dengan harga yang standar dengan memilih beras yang bagus yang layak untuk dikonsumsi.

Rapat kali ini menghasilkan kesepakatan bersama besarnya Zakat Fitrah setiap jiwa sebesar (2,5 Kg) beras atau dengan harga perkilo Beras Rp.12.000 ,jadi jika dibayar dengan uang sebesar Rp. 30.000,- (Tiga Puluh ribu rupiah)
.(Jamhuri).