Beranda Daerah Gubernur Sumsel Bantu Alat Rapid Test Untuk Jurnalis Kabupaten OKU

Gubernur Sumsel Bantu Alat Rapid Test Untuk Jurnalis Kabupaten OKU

302
BERBAGI

Baturaja, (RADARNEWS.ID)-Mobilitas yang tinggi dan banyak kontak dengan narasumber, profesi jurnali tergolong rentan tertular covid-19. Hal ini direspon Gubernur Sumsel dengan membagikan alat Rapid Test untuk wartawan di Kabupaten OKU. Sebanyak 50 unit alat rapid test Covid-19 diserahkan Gubernur Sumsel H Herman secara simbolis kepada Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten OKU, Purwadi Rozali, SP.

Penyerahan alat rapid test ini dilakukan saat Gubernur Sumsel r meninjau Posko Pantau Induk Gugus Tugas percepatan penanggulangan penyebaran Covid-19 OKU di Terminal Batu Kuning, Baturaja Barat, Sabtu (6/6/2020). “Bagi wartawan yang ingin mengikuti rapid test silakan. Ini alat sudah kita serahkan,” imbuh gubernur.

Dikesempatan itu Gubernur juga menyerahkan bantuan APD dan kelengkapan lainnya secara simbolis kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 H Kuryana Azis dan Humas Gugus Tugas Covid-19 Rozali SKM MM.

Gubernur yang didampingi Pangdam II Sriwijaya, Kajati Sumsel dan LO Gugus Tugas Covid19 Nasional menjelaskan bahwa menjaga penanganan Covid -19 ini sudah masuk pada tahap kedua yakni menuju Pemulihan (new normal). Kepada masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan memperhatikan protokol kesehatan. Ada tiga hal yang harus diperhatian dalam penanganan Covid-19, yakni dimensi kesehatan, dimensi ekonomi dan dimensi sosial. Semua elemen masyarakat OKU termasuk pemerintahan , penegak hukum TNI-Polr,/Pengadilan, dan insan pers harus terlibat aktif dalam percepatan penanganan Covid-19. Masyarakat harus diedukasi bahwa pasien yang terjangkit virus Covid-19 bukan ini. “Hindari penganiayaan moral terhadap pasien covid-19,” tanda Gubernur. Gubernur memuji kinerja Satgas Percepatan Penagangan Covid-19 “Dari 38 yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak satupun yang meninggal dunia,” kata Deru.

Jumlah kesmebuhan sudah 11orang, Gubernur mendorong agar pasien yang sduah 14 hari diisolasi segera dilakukan SWAB lanjutan untuk mengetahui tingkat kesembuhan.

Ketua PWI OKU, Purwadi Rozali, SP, mewakili wartawan yang bertugas di OKU mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru yang telah memperhatikan kesehatan para wartawan di lapangan. “Terima kasih pak Gubernur H Herman Deru atas bantuannya.

Semoga rapid tes nanti secepatnya dilaksanakan dan semoga hasilnya tidak ada wartawan yang reaktif/positif terpapar Covid19,” ujar Purwadi.

Purwadi juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Humas Gugus Tugas Covid 19, Rozali SKM, dalam pelaksanaan rapid tes kepada wartawan di OKU ini. “Pak Rozali siap membantu menugaskan tenaga kesehatan untuk melakukan rapid tes. Dan kepada teman teman yang akan mengikuti rapid test Covid19 silakan berkoordinasi dengan Muhammad Wiwin sekretaris PWI OKU dan Maruli Ebta serta Herbet Nainggolan dan Herman Sawiran dari IWO OKU,” imbuh Purwadi .

Ketua PWI mengatakan rapid tes akan bekerja sama dengan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKU dan dijadwalkan pelaksanaannya hari Senin (8/6/2020). (Amel)

Teks Foto : Gubernur Sumsel H Herman Deru menyerahkan alat rapid tes secara simbolis kepada Ketua PWI OKU Purwadi SP.  (Amel).