Beranda Daerah Fasilitas Kesehatan dan Pendidikan Warga Transmigrasi Padang Tarok Disalurkan

Fasilitas Kesehatan dan Pendidikan Warga Transmigrasi Padang Tarok Disalurkan

83
BERBAGI

SIJUNJUNG, (RADARNEWS.ID)-Warga transmigrasi Padang Tarok SP1 mendapat bantuan penunjang fasilitas dibidang kesehatan dan pendidikan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Nakertans) Provinsi Sumbar dan Pemkab Sijunjung. Bantuan itu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dilokasi transmigrasi.

Penyerahan bantuan diantarkan langsung ke lokasi oleh Kepala Dinas Nakertrans Provinsi Sumbar, Nazrizal didampingi Sekretaris Dinas Nakertrans Kabupaten Sijunjung, Sugeng Pamular dan Kepala Bidang Transmigrasi, Sabtu (20/6) kemarin.

Bantuan perlengkapan pendidikan untuk warga transmigrasi yang telah tinggal dilokasi tersebut, diserahkan kepada Kepala Sekolah SD Padang Tarok SP1, Sukirman. “Bantuan kelengkapan pendidikan itu diberikan sebagai penunjang proses belajar mengajar di sekolah untuk masyarakat transmigrasi. Begitu juga dengan kelengkapan kesehatan yang diberikan,” tutur Sekretaris Dinas Nakertrans Sijunjung, Sugeng Pamular.

Perlengkapan pendidikan yang diberikan oleh Dinas Nakertrans Provinsi Sumbar itu diantaranya, alat peraga pembelajaran sistem tata surya , planetarium sistem gerhana, rangka manusia, organ manusia, kit matematika SD, Kit IPA SD, buku penunjang, Al Quran, kamus bahasa indonesia.

Kemudian mobiler berupa papan tulis, meja kerja guru, kursi kantor, dan berbagai sarana olah raga lainnya. Selain itu perlatan listrik dan elektronik, serta peralatan kebersihan.

“Selain itu, perlengkapan kesehatan dan obat-obatan juga diberikan. Termasuk untuk pencegahan Covid-19 dan penyakit DBD di lokasi transmigrasi,” ujar Sugeng.

“Sumber dana berasal dari APBN, Dinas Nakertrans Provinsi Sumbar, Satker PKTrans TA 2020. Bantuan obat dan perlengkapan kesehatan di lokasi transmigrsi diberikan kepada Petugas paramedis pustu Padang Tarok SP.1,” katanya.

Perlengkapan kesehatan pencegahan Covid-19 berupa termometer infrared, masker dan lainnya. “Selain berupa peralatan, ada juga vitamin dan suplemen serta alat pencegahan Covid-19,” tambahnya. (the)