Beranda Daerah Laskar Merah Putih Macab Lampung Timur meriahkan HUT RI ke 75 dengan...

Laskar Merah Putih Macab Lampung Timur meriahkan HUT RI ke 75 dengan Perlombaan Secara Daring

161
BERBAGI

Lampung Timur, (RADARNEWS ID)-Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh setiap 17 Agustus, kerap diwarnai oleh berbagai lomba yang seru dan mengasyikkan plus mengundang gelak tawa.SABTU (18 juli 2020).

Bagaimana tidak, kebanyakan lomba yang digelar tersebut memiliki keunikan sendiri-sendiri yang mengundang gelak tawa para penontonnya. Sebut saja lomba panjat pinang, balap karung, makan kerupuk, tarik tambang, gebuk bantal dan masih banyak lagi.

Yah, pesta rakyat ini memang sangat menyenangkan dan membuat peserta lomba dan penonton terhibur dibuatnya. Tapi kali ini Laskar Merah Putih (LMP) Macab Lampung Timur dalam memperingati HUT RI yang ke- 75 ini, akan membuat perlombaan lain daripada yang lain yaitu berupa Lomba dengan Promosi Desa secara Daring dalam bentuk Vidio klip yang akan dilombakan di medsos masing -masing grupnya dan yang menilai tentunya yang sangat menarik & unik disini penilaian dilakukan masyarakat sendiri.

Menurut Amir Faisol Ketua Macab LMP Lampung Timur mengatakan bagaimana awal mulanya berbagai lomba khas 17 Agustusan itu muncul? bahwa tradisi lomba yang kerap menghiasi perayaan HUT Kemerdekaan RI itu terutama perlombaan kedaerahan muncul pada tahun 1950-an.

“Masyarakat sendiri yang memunculkan lomba-lomba itu sejak perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-5. Sebelumnya tidak ada lomba,” ujarnya.

Lebih lanjut Amir Faisol mengatakan pengurus LMP begitu antusias ingin memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI yang berhasil diperjuangkan dengan cara yang menyenangkan tapi dalam bentuk lain karena saat ini dalam kondisi Pandemi Virus Corona yang tentunya harus mengedepankan Protokol Kesehatan .

Bahkan Menurut Amir, Saya adalah salah satu orang yang paling bersemangat dengan lomba 17 Agustus ini secara Daring ini.

Inilah yang membuat tradisi lomba 17 Agustus semakin menyebar luas di jajaran Pengurus LMP Macab Lampung Timur, Dan perlu diketahui, bahwa dibalik kemeriahan perayaan HUT RI lewat lomba ini ada filosofi atau makna yang terkandung di setiap jenis lomba, apalagi saat sekarang ini.

Makna Dibalik Lomba Promosi Desa berupa senam ini misalnya, kata Amir , lomba tersebut memiliki makna kebersamaan & Gotong royong untuk menjalin satu kesatuan yang utuh sehingga tidak terjadi cerai karena sangat membutuhkan kekompakan satu dengan yang lainnya.

Simbol lainya dalam perlombaan senam secara daring ini yaitu keprihatinan tentang kondisi rakyat Indonesia saat ini menghadapi Pandemi Virus Corona sehingga dalam menghadapi setiap melaksanakan kegiatan, harus mematuhi dengan protokol kesehatan, seingga harus ditunjukkan pula lewat lomba senam secara daring tersebut yang dijadikan simbol Social Distancing / jaga jarak terutama selalu menjaga kesehatan. Adapun LMP Macab Lampung Timur dalam memeriahkan perlombaan tersebut menyediakan hadiah pembinaan menarik bernilai jutaan rupiah beserta Piagam penghargaan kepada seluruh peserta yang mengikuti .(red).