Beranda Daerah Pasangan BERIMAN Yakinkan Tetap Maju di Pilkada OKU

Pasangan BERIMAN Yakinkan Tetap Maju di Pilkada OKU

292
BERBAGI

Baturaja, (RADARNEWS.ID)-Pasangan BERIMAN (Bersama Eddy Yusuf SH MM–Ir Helman MM) meyakinkan pendukungnya bahwa balon bupati dan wakil bupati ini memastikan diri maju di Pilkada OKU yang dilaksanakan Desember 2020 mendatang. Kepastian ini disampaikan oleh Advokat Chairil Syah SH yang sengaja berkunjung ke kediaman Eddy Yusuf di Baturaja Kabupaten OKU Rabu kemaren.

Dijelaskan Chairil, kedatangannya ke OKU sengaja untuk memperterang persoalan boleh tidaknya Eddy Yusuf maju di Pilkada OKU 2020 menyusul beredarnya informasi yang yang menyoal rencana Eddy Yusuf maju di Pilkada OKU. Pengacara kondang ini menjelaskan, didalam Keputusan MA RI tersebut juga menjelaskan dengan menyatakan Pasal 4 Ayat (1) huruf p angka 2 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota. Juncto Pasal 4 Ayat (1) huruf (p) angka 2 Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017, tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.
Juncto Pasal 4 Ayat (1) huruf p angka 2 Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi. Yaitu Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota.
“Terhadap hasil putusan uji materiil yang ditetapkan MA RI atas Hj. Nurhajizah yang maju dalam Pilkada Bupati Asahan, kami pun sudah menyampaikan surat kepada KPU Kabupaten OKU dan KPU RI agar mengkoreksi kembali atas ketetapan PKPU No 1/2020, tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 3/2017 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Surat kepada KPU RI untuk segera mengkoreksi kembali putusan itu baru pada hari Senin tanggal 21 Juli kemarin kami serahkan ,”papar Chairil.

Charil yang juga pengacara mantan Wakil Gubenur Sumut, Brigjen TNI (Pur) Nurhajizah yang melakukan permohonan judicial review terkait masalah PKPU. Dikatakan Chairil, Mahkamah Agung mengabulkan tuntutan ini hingga Nurhajizah dapat mencalonkan diri sebagai bupati Asahan pada Pilkada serentak 2020. Ketrangan ini disampaikan Chairil Syah di Posko pemenangan Eddy Yusuf – Helman (Beriman), Kemelak Bidung Langit Baturaja Timur. Ini artinya H Eddy Yusuf SH yang akan mencalonkan diri sebagai bupati OKU kembali yang akan berpasangan dengan Ir H Helman tidak ada kendala lagi.

Sedangkan Eddy Yusuf yang didampingi Helman bersama para pendukungnya berharap agar sebagian besar masyarakat OKU yang menginginkannya kembali mencalonkan diri sebagai bupati OKU, tidak memiliki keraguan lagi.“ kata Eddy Yusuf seraya menegaskan durinya siap lahir bathin untuk kembali membangun OKU. (Amel/ril).