Beranda Daerah Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung Terbentuk. Kapolres: Kepentingan kita hanya satu, Kamtibmas Kondusif

Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung Terbentuk. Kapolres: Kepentingan kita hanya satu, Kamtibmas Kondusif

101
BERBAGI

SIJUNJUNG (RADARNEWS.ID)-Kelompok sadar keamanan, ketertiban masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Kabupaten Sijunjung resmi dibentuk. Organisasi kemitraan Polri itu melibatkan sejumlah tokoh dan unsur yang ada ditengah masyarakat, guna untuk bekerjasama dalam menjaga dan mempertahankan situasi Kamtibmas kondusif di Kabupaten Sijunjung.

Hadirnya Pokdar Kamtibmas di Sijunjung diharapkan mampu menyelesaikan persoalan yang muncul, melakukan pencegahan dan penyuluhan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keamanan dan ketertiban.

Pada pertemuan pembentukan kepengurusan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung yang digelar diruang Rupatama Polres Sijunjung pada Senin (24/8), menetapkan April Marsal sebagai Ketua dan Saldi Nafri sebagai Sekretaris serta lengkap dengan struktur kepengurusan dan anggota, dengan melibatkan berbagai tokoh dan unsur yang ada ditengah masyarakat.

Pokdar Kamtibmas tersebut nantinya melakukan kegiatan pembinaan secara intensif terhadap remaja, pemuda dan masyarakat lainnya agar proaktif dalam pemetaan masalah yang muncul. Melakukan identifikasi masalah, upaya pemecahan masalah serta pemeliharaan Kamtibmas diwilayahnya dengan pola rembuk atau musyawarah, berbasis kearifal lokal.

Kapolres Sijunjung, AKBP Andry Kurniawan, SIK. M.Hum. didampingi Wakapolres Kompol Andi Sentosa dan Kasat Binmas Iptu Syafril mengatakan, Pokdar Kamtibmas tidak menyangkut persoalan lain, murni demi Kamtibmas.

“Agar masyarakat dan Polri bisa sama-sama dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di Sijunjung. Kepentingan kita hanya satu yaitu, keamanan. Mewujudkan kondisi kamtibmas kondusif. Jika demikian, pembangunan pun bisa berjalan dengan baik,” tutur AKBP Andry Kurniawan saat pembentukan kepengurusan.

Pihaknya berharap, dengan terbentuknya Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung, kehadirannya dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat. Terutama dalam mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memahami, mengindentifikasi akar masalah dan pemecahan masalah melalui Alternative Dispute Resolution (ADR) dengan mengedepankan kearifan lokal.

Selain itu, Pokdar Kamtibmas juga memiliki dewan penasehat dan dewan pembina yang melibatkan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) yang ada di Kabupaten Sijunjung.

“Setelah pembentukan kepengurusan ini, akan dilaksanakan pelantikan. Kemudian tinggal kita bekerja kedepan untuk membahas persoalan untuk diselesaikan bersama,” ujar Kapolres.

Ketua Pokdar Kamtibmas Kabupaten Sijunjung, April Marsal yang ditunjuk mengatakan. Hadirnya Pokdar Kamtibmas bisa menjadi penyempurna dalam proses penyelesaian persoalan ditengah masyarakat. “Mari bersama-sama kita mencari solusi, mencegah munculnya gangguan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Sijunjung,” tambahnya.

(the).