Beranda Daerah Wakapolda Lounching Desa Tangguh Nusantara Di Lampung Timur

Wakapolda Lounching Desa Tangguh Nusantara Di Lampung Timur

112
BERBAGI

Lampung Timur, (RADARNEWS.ID)-Wakapolda Brigjen Pol Sudarsono, didampingi Direktur Bimas Polda Lampung Kombes Pol Anang Triarsono, pada Selasa (25/8), melounching secara resmi Desa Braja Luhur, di Kecamatan Braja Selebah, sebagai Desa Tangguh Nusantara (DTN), di wilayah Kabupaten Lampung Timur.

Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudarsono, didampingi Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan, menjelaskan bahwa untuk dapat ditetapkan sebagai Desa Tangguh Nusantara, setidaknya harus memenuhi 4 indikator, antara lain adalah Tangguh dalam Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Tangguh dalam Pengelolaan Ketersediaan Pangan, Tangguh dalam melaksanakan Manejemen Sosial Ekonomi, serta Tangguh dalam mewujudkan Kamtibmas yang Tertib dan Aman.

“Ternyata 4 indikator tersebut, ada dan telah berjalan di Braja Luhur, Kecamatan Braja Selebah, maka wajar jika lokasi ini diklasifikasikan sebagai Desa Tangguh Nusantara, di Kabupaten Lampung Timur”, jelas Wakapolda Lampung.

Sementara Sekretaris Daerah Syahruddin Putra, didampingi Kepala Desa Braja Luhur, Supratikno, mengemukakan bahwa berjalannya 4 indikator Desa Tangguh Nusantara ini, merupakan peran, dan kerja keras Perangkat Desa, lapisan masyarakat, yang juga didukung oleh Pemerintah Daerah, termasuk Institusi Kepolisian.

Perangkat Desa bersama Masyarakat, dan Aparatur Terkait, menyediakan Rumah Isolasi bagi Pencegahan dan Penanganan Pandemi COVID-19 ; mengelola berbagai potensi sumberdaya baik pertanian, peternakan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dll ; memanfaatkan potensi sumberdaya manusia melalui berbagai keterampilan, kerajinan UMKM, termasuk membangun dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, di wilayah Desa Braja Luhur.

“Dengan kerja keras dan peran semua pihak, kita berupaya mewujudkan Desa Braja Luhur, menuju Desa yang Mandiri, khususnya dengan menjalankan 4 indikator Desa Tangguh Nusantara”, ujarnya.

Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan, didampingi Dandim 0429 Letkol Kav M Darwis, menambahkan bahwa 4 indikator Desa Tangguh Nusantara yang
telah dilaksanakan dan terus berjalan di Desa Braja Luhur ini, seharusnya bisa menjadi contoh dan inspirasi yang berharga, bagi desa-desa lain, baik didalam, maupun diluar Kabupaten Lampung Timur.

“4 indikator Desa Tangguh Nusantara yang telah dilaksanakan dan terus berjalan di Desa Braja Luhur ini, layak menjadi inspirasi bagi Desa-Desa lain, baik didalam, maupun diluar Kabupaten Lampung Timur”, terang Kapolres Lampung Timur.

Kegiatan Pengukuhan Desa Tangguh Nusantara di Desa Braja Luhur, Kecamatan Braja Selebah ini, dihadiri oleh Forkopimda, Pokdar Kamtibmas, Pengurus Pramuka, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di Kabupaten Lampung Timur.

(rls/red).